Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ikan Relatif Stabil

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 23 Desember 2020
0 dilihat
Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ikan Relatif Stabil
Salah satu dagangan ikan di pelelangan Kota Kendari. Foto: Anis Alfian/Telisik

" Kalau mau tahun baru jarang ikan, karena penangkap ikan banyaknya yang libur. Sebenarnya adami yang naik harganya, tapi yang naikkan itu baru beberapa orang saja. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tahun 2020 akan segera berganti ke 2021 bersamaan dengan perayaan Natal. Namun sampai saat ini harga ikan di Pelelangan Kota Kendari masih seperti biasanya.

Berdasarkan pantauan Tim Telisik.id, jejeran pedagang yang saling bersahutan menawarkan barang dagangannya kepada para pembeli. Mereka mengaku sampai saat ini belum menaikan harga ikan, karena harga ikan di pasar tidak bergantung pada perayaan Natal dan Tahun Baru melainkan pada musim dan penangkap ikannya.

Hanya saja menjelang Natal dan Tahun Baru banyak dari nelayan penangkap ikan yang memilih mengambil waktu untuk libur, sehingga jumlah penangkap ikan akan berkurang dan kemungkinan besar akan berpengaruh pada kenaikan harga ikan di pasar nantinya.

Baca juga: Puluhan Hotel, Restoran dan Rumah Makan Tutup Permanen Selama Pandemi

"Kalau mau tahun baru jarang ikan, karena penangkap ikan banyaknya yang libur. Sebenarnya adami yang naik harganya, tapi yang naikkan itu baru beberapa orang saja," ungkap  Bapak Iskandar pedagang yang telah menjual ikan sejak duduk di bangku Kelas 3 SD di Pelelangan, Rabu (23/12/2020).

Bapak Iskandar sendiri menjual berbagai jenis ikan mulai dari katamba, Malaja, Depa-depa dan kakap merah yang di hargai Rp 35 ribu perkilonya, namun harga tersebut bisa saja naik jikalau banyak dari penangkap ikan yang memilih untuk libur menjelang natal dan tahun baru.

"Saya jual Rp 35 ribu perkilo, itu masih harga standar mungkin 2 atau 3 hari nanti bisa 50 ribu perkilo jika saja seperti yang saya bicarakan tadi," tambah pedagang yang telah berusia 43 tahun tersebut. (B)

Reporter: Anis Alfian

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga