UEA Siap Investasi ke Indonesia di Bidang Vaksin COVID-19

Sugiharta Yunanto, telisik indonesia
Selasa, 13 April 2021
0 dilihat
UEA Siap Investasi ke Indonesia di Bidang Vaksin COVID-19
Presiden Jokowi bersama Pangeran MBZ. Foto: Repro Setkab.go.id

" Investasi ini merupakan buah manis dari komunikasi melalui sambungan telepon antar pimpinan kedua negara. Pada senja menjelang Maghrib pukul 17.30 WIB hari Jumat, 19 Maret 2021, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan pembicaraan dengan MBZ. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Uni Emirat Arab (UEA) dikabarkan berencana untuk berinvestasi di fasilitas produksi vaksin COVID-19 di Indonesia.

Dikutip dari Reuters pada Selasa (13/4/2021), rencana tersebut diungkapkan oleh Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail al-Mazrouei.

Sebelumnya, Pangeran Mohammed Bin Zayed (MBZ) yang merupakan pangeran UEA telah menyetujui berbagai kerjasama ekonomi dengan pemerintah Indonesia.

Pangeran UEA ini memutuskan untuk berkomitmen investasi sebesar USD 10 miliar, yang ditempatkan di Lembaga Pengembangan Investasi (LPI) bernama Indonesia Investment Authority (INA).

Baca juga: Buruan, Lippo Plaza Kendari Hadirkan Bazar Ramadan

Kesepakatan tersebut dilakukan setelah MBZ berbincang dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) lewat sambungan telepon.

"Investasi ini merupakan buah manis dari komunikasi melalui sambungan telepon antar pimpinan kedua negara. Pada senja menjelang Maghrib pukul 17.30 WIB hari Jumat, 19 Maret 2021, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan pembicaraan dengan MBZ," demikian keterangan resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi, Selasa (23/3/2021).

Pangeran MBZ juga merealisasikan berbagai komitmen investasi, mulai dari sektor energi terbarukan, pelabuhan sampai memberikan hadiah sebuah masjid di Solo yang proyek pembangunannya dimulai 6 Maret 2021 lalu.

Belum lama ini, Jalan Tol Layang Japek telah resmi berganti nama menjadi jalan Mohammed Bin Zayed, pangeran UEA.

Melalui LPI, UEA termasuk negara yang berinvestasi besar di Indonesia. Bahkan, UEA juga menjadi konsultan Indonesia untuk pembentukan LPI. (C)

Reporter: Sugiharta Yunanto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga