Jelang Nataru Harga Bahan Pokok di Kabupaten Buton Melonjak

Nur Rizki Fitasari, telisik indonesia
Kamis, 22 Desember 2022
0 dilihat
Jelang Nataru Harga Bahan Pokok di Kabupaten Buton Melonjak
Suasana pasar yang masih normal meskipun harga bahan pokok yang melonjak naik jelang nataru 2023 di Kabupaten Buton. Foto: Nur Rizki Fitasari/Telisik

" Menjelang natal dan tahun baru (nataru) 2023, harga bahan pokok di pasar tradisional mengalami kenaikan yang cukup tinggi "

BUTON, TELISIK.ID - Menjelang natal dan tahun baru (nataru) 2023, harga bahan pokok di pasar tradisional mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Seperti sebuah siklus tahunan menjelang nataru, harga barang di pasar seringkali naik dari harga sebelumnya terutama harga kebutuhan pokok masyarakat.

Bahan pokok yang mengalami kenaikan harga salah satunya di pasar Sabho, Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, yaitu seperti beras, telur ayam ras dan bahan pokok lainnya.

Baca Juga: Jembatan Teluk Kendari Mulai Dikelilingi Sampah

"Harga beras sebelumnya seperti yang 50 Kg harganya Rp 550 ribu sekarang naik jadi Rp 700 ribu hingga Rp 800 ribu, kalau telurnya dulu murah harganya Rp 50 ribu tapi kalau sekarang naik jadi Rp 60 ribu hingga Rp 62 ribu," ucap seorang pedagang, Tia (30), Kamis (22/12/2022).

Kenaikan harga bahan pokok ini sudah terjadi dari beberapa Minggu lalu, namun intensitas pembeli di pasar masih terpantau normal.

"Dekat tahun baru begini memang harga sering naik, apalagi beras. Tapi mau bagaimana lagi kalau diturunkan harganya susah juga yang ada kita rugi," sebutnya.

Baca Juga: BBC Tempat Nongkrong Asik Bagi Pecinta Olahraga Biliar

Kenaikan harga bahan pokok ini tentunya menuai keluhan dari pedagang maupun pembeli. Seperti yang dialami pembeli di Pasar Ompu atau pasar sore yang juga memgeluhkan kenaikan harga bahan pokok, seperti bawang merah dan cabai.

"Bawang merah sekarang harganya naik, sebelumnya beli Rp 10.000 ribu sudah dapat banyak, sekarang sedikit jadi harus beli sekitar Rp 15.000 ribu itu pun juga sedikit," ujar seorang pembeli di Pasar Ompu, Citra Aulia (27).

Selain beras dan telur, harga cabai dan bawang merah pun ikut melonjak . Hal ini tentunya cukup membuat masyarakat merasa resah dengan kebutuhan pokok yang terus naik. (B)

Penulis: Nur Rizki Fitasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga