Joko Widodo akan Resmikan Bendungan Ladongi Akhir Desember 2021

Ela Isabella, telisik indonesia
Jumat, 17 Desember 2021
0 dilihat
Joko Widodo akan Resmikan Bendungan Ladongi Akhir Desember 2021
Suasana rapat tertutup Sekda Koltim di ruang rapat kantor Bupati Koltim. Foto: dok. Diskominfo

" Bendungan Ladongi Kolaka Timur (Koltim) bakal diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Peresmian bendungan Ladongi, Kolaka Timur (Koltim) direncanakan akhir tahun, tepatnya 23 atau 24 Desember mendatang.

Bendungan Ladongi tersebut bakal diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Hal itu disampaikan PJ Sekda Koltim, H Belli SE MSi, dalam rapat terbatas di ruang rapat Kantor Bupati Koltim, Jumat (17/12/2021).

H. Belli mengimbau, seluruh pihak untuk bersama-sama menyukseskan kedatangan Presiden Joko Widodo dengan bahu membahu menyiapkan segala sesuatunya, termasuk dari OPD terkait.

"Insyaallah kita siap selalu untuk menyambut kehadiran Bapak Presiden di Kolaka Timur, dan ini menjadi suatu kehormatan serta kebanggaan bagi kita semua jika semuanya terwujud dan berjalan dengan lancar. Olehnya itu, mari kita sukseskan," ajak H Belli.

Untuk diketahui, proses pengerjaan Bendungan Ladongi ini sudah rampung beberapa bulan lalu. Bahkan, sudah dilakukan pengisian air.

Selain itu, juga telah dibangun beberapa landasan Helipad untuk menyambut kedatangan Presiden yang sudah direncanakan sejak Oktober lalu.

Berdasarkan keterangan Kepala Balai Wilayah Sungai IV Sulawesi, Chaeruddin C Maddi beberapa waktu lalu, Bendungan Ladongi merupakan salah satu dari 13 bendungan proyek strategi nasional di Indonesia, seperti bendungan Way Sekampung di Pringsewu, Lampung, dan Bendungan Karalloe di Gowa, Sulawesi Selatan, yang telah diresmikan Presiden.

Menurutnya, pihaknya juga akan menyiapkan helipad dan tiga pesawat helikopter milik TNI Angkatan Udara. Hal itu untuk mengantisipasi jarak tempuh Bendungan Ladongi dari Kota Kendari yang memakan waktu 2,5 jam.

Dia menjelaskan, Bendungan Ladongi akan menahan aliran Sungai Ladongi dengan kapasitas daya tampung 45,2 juta meter kubik dan luas genangan serta area sabuk hijau sebesar 246,13 hektare.

Baca Juga: Jabatan Pj Sekda Diperpanjang, Bupati Muna Sebut Harmin Mampu Sempurnakan Pemerintahan

Air yang tertampung dalam bendungan itu pun akan dimanfaatkan untuk mengairi areal persawahan dengan layanan irigasi seluas 3.604 hektare secara berkelanjutan di Kolaka Timur.

Selain itu, bendungan tersebut juga berfungsi menyalurkan air saat musim kemarau guna mencegah terjadinya kekeringan pada areal persawahan, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di daerah tersebut.

Manfaat lain Bendungan Ladongi adalah sebagai sumber air baku sebesar 0,12 meter kubik/detik, serta potensi sumber pembangkit energi listrik sebesar 1,3 megawatt (MW), dan pariwisata yang dapat menumbuhkan ekonomi lokal.

Baca Juga: Imbau Masyarakat Tidak Terprovokasi, Bupati Muna Bakal Koordinasi dengan Gubernur

“Jadi bendungan ini tidak hanya sekadar untuk pertanian di Kolaka Timur, tetapi juga berfungsi sebagai pengendali banjir di wilayah hilir Sungai Ladongi dengan menahan air yang berlimpah saat musim hujan yang diperkirakan sebesar 132,25 meter kubik per detik,” terangnya. (C)

Reporter: Ela Isabella

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga