Jokowi Segera Lantik Mentan Pengganti SYL dan Kepala Staf Angkatan Darat Baru

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Jokowi Segera Lantik Mentan Pengganti SYL dan Kepala Staf Angkatan Darat Baru
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Agus Subiyanto, yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat Kasad menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Foto: Ist.

" Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju (KIM) dalam pekan ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju (KIM) dalam pekan ini.

Selain reshuffle kabinet, terutama posisi Menteri Pertanian (Mentan) yang sebelumnya ditempati Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jokowi juga direncanakan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) pengganti Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

SYL sebelumnya mundur dari jabatannya karena ingin fokus pada kasus yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). SYL pun telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Sementara Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, memasuki masa pensiun. Merujuk pada aturan, Dudung purna bakti atau pensiun pada 19 November 2023 saat dia tepat berusia 58 tahun. Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia mengatur masa kedinasan prajurit paling tinggi 58 tahun untuk perwira, dan 53 tahun untuk bintara dan tamtama.

Baca Juga: Hakim MK Yakin MKMK Tak Mudah Diintervensi, Anwar Usman Bela Diri Terlibat Konflik Kepentingan

Jokowi yang ditanya terkait jadwal pasti reshuffle menteri di KIM dan pelantikan Kasad pengganti Dudung, dia enggan menjawab hari pastinya.

“Mungkin Minggu ini,” ujarnya setelah menghadiri seminar ekonomi di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Dia memastikan kursi yang akan diisi oleh menteri baru di KIM adalah Mentan. Namun, Jokowi lagi-lagi belum mau menyebutkan jadwal pasti pelantikan Mentan baru. Dia mengatakan masih mempersiapkan.

Saat didesak terkait calon pengganti SYL kemungkinan dari Partai Demokrat, Jokowi tidak memberikan pernyataan. Dia hanya menganggukkan kepalanya sembari berlalu meninggalkan kerumunan wartawan.

Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana, membenarkan dalam pekan ini akan ada pelantikan pejabat baru oleh Jokowi. Tapi, dia tidak bersedia mengungkap siapa saja pejabat baru yang akan dilantik.

“Besok (Rabu, 24/10/2023) memang direncanakan ada pelantikan pejabat di Istana Negara. Mengenai siapa yang dilantik dan dalam posisi apa, nanti saya akan update lagi,” kata Ari.

Mengenai Jokowi yang akan melantik Kasad baru pengganti Dudung pada Rabu (25/10/2023) di Instana Negara, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Hamim Tohari, mengatakan, pergantian Kasad merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

“Kita tunggu saja karena itu kewenangannya Presiden (Jokowi),” ujar Hamim.

Walau demikian, Hamim membenarkan adanya Rapat Koordinasi Serah Terima Jabatan Kasad yang dilaksanakan di Aula Jenderal Besar A.H Nasution, Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta, Selasa pagi pukul 09:00 WIB.

“Betul,” kata Hamim membenarkan pertemuan tersebut.

Informasi yang beredar, kandidat kuat pengganti Dudung adalah Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad), Letjen TNI Agus Subiyanto. Letjen TNI Agus juga berpotensi menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun pada Oktober 2023 ini.

Peluang Agus menjadi Panglima TNI terbuka lebar. Pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat (Jabar) 5 Agustus 1967 ini memiliki kedekatan khusus dengan Presiden Jokowi. Kedekatannya terjalin saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Saat bersamaan Agus menjabat sebagai Komando Distrik Militer (Dandim) 0735/Surakarta periode 2009-2011.

Agus bisa berkarier moncer seperti teman seangkatannya di Polri, yakni Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Sebab, Listyo juga sempat menjabat sebagai Kapolres Kota Surakarta di Tahun 2011.

Bedanya karier Listyo lebih dulu melejit karena dia sudah menjabat sebagai Kapolri sejak Januari 2021. Namun, kini Agus berpeluang kembali bersinergi dengan koleganya di Polri jika nantinya Jokowi menunjuknya sebagai Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono.

Agus pernah menduduki sejumlah jabatan, di antaranya Kasi Ops Sektor A di Timor Timur, Danyon 22 Grup 2 Kopassus, Kapen Kopassus, serta Dandim 0735/Surakarta (2009-2011).

Agus juga pernah menjabat sebagai Waasops Kasdivif 2/Kostrad (2011-2014), Asops Kasdam I/Bukit Barisan (2014c2015), Dosen Madya Seskoad (2015), Danrindam II/Sriwijaya (2016-2017), Danrem 132/Tadulako (2017-2018), Wadanpussenif Kodiklatad (2019-2020), Danrem 061/Suryakancana (2020), Danpaspampres (2020c2021), Pangdam III/Siliwangi (2021-2022), dan Waksad (2022-sekarang).

Baca Juga: Jokowi dan Dua Putra serta Ketua MK Dilapor ke KPK, Prabowo Akui Bagian Dinasti Politik

Selain itu, Agus juga merupakan penerima tanda jasa Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army), Master Parachutist Badge (US Army), dan Master Parachutist Badge (Singapore Army).

Pengamat militer Institute For Security & Strategic Studies (ISSES), Khairul Fahmi, menilai spekulasi yang beredar di ruang publik jabatan Kasad cenderung mengerucut pada nama-nama yang populer dan mereka yang mengisi jabatan strategis.

“Setidaknya ada tiga nama yang sering digosipkan sebagai calon Kasad pengganti Jenderal Dudung Abdurachman. Mereka adalah Pangkostrad (Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto,” urai Fahmi di Jakarta.

Namun, menurut Fahmi, ada juga nama-nama lain yang berpeluang terpilih sebagai Kasad pengganti Dudung. Mereka yakni Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS), TNI Letjen TNI Rudianto; Komandan Pusat Teritorial TNI AD (Pusterad), Letjen TNI Teguh Muji Angkasa; Sekretaris Menko (Sesmenko) Polhukam, Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso; dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga