Jumlah Kursi DPRD Kota Kendari 2024 Berubah di Dapil, Pergeseran Penduduk jadi Pemicu

Kardin, telisik indonesia
Minggu, 30 April 2023
0 dilihat
Jumlah Kursi DPRD Kota Kendari 2024 Berubah di Dapil, Pergeseran Penduduk jadi Pemicu
Para komisioner KPU Kota Kendari dalam sosialisasi dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kendari pada Pemilu 2024. Foto: Kardin/Telisik

" Alokasi kursi DPRD Kota Kendari pada Pilcaleg 2024 tidak berubah, yakni sebanyak 35 kursi. Hanya saja ada pergeseran jumlah alokasi kursi pada sejumlah dapil di kecamatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Alokasi kursi DPRD Kota Kendari pada Pilcaleg 2024 mendatang tidak berubah, yakni sebanyak 35 kursi. Hanya saja ada pergeseran jumlah alokasi kursi pada sejumlah daerah pemilihan (dapil) di kecamatan.

Sebut saja Dapil Kendari V yang meliputi Kecamatan Wuawua-Kadia pada Pilcaleg 2019 lalu memiliki alokasi sebanyak 8 kursi, namun menurun pada Pilcaleg 2024 nanti dan para parpol hanya memperebutkan 7 kursi DPRD saja.

Meski demikian, ada pula dapil yang bertambah alokasi kursi dewannya di Pilcaleg 2024, yakni Dapil Kecamatan Poasia-Abeli-Nambo. Pada Pilcaleg 2019 sebelumnya jumlah perebutan di dapil terebut hanya 6 kursi, kini bertambah menjadi 7 kursi. Namun sebagian dapil tidak mengalami perubahan jumlah kursi.

"Jadi di Dapil Wuawua-Kadia berkurang 1 kursi dan Dapil Poasia-Abeli-Nambo bertambah 1 kursi," ungkap Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh, Sabtu malam (29/4/2023).

Pergeseran alokasi kursi di sejumlah dapil tersebut kata Jumwal, bukan keingingan KPU Kota Kendari, melainkan itu sesuai perhitungan jumlah penduduk di setiap dapil.

Baca Juga: Kursi DPRD Kendari Berpeluang Bertambah, Warga Tak Ber-KTP Didata

"Memang ada rumus untuk menghitung jumlah penduduk kita," bebernya.

Sementara itu, anggota KPU Kota Kendari, Asril menerangkan, pergeseran alokasi kursi di sejumlah dapil dapat dipicu adanya migrasi penduduk.

"Karena seperti di Kecamatan Poasia itu banyak perumahan-perumahan yang baru dirintis. Bisa saja penduduk dari Wuawua bergeser ke sana," beber Asril.

Padahal kata dia, bertambahnya kecamatan di Kota Kendari harusnya dapat memicu pertambahan penduduk yang bisa menambah alokasi anggota DPRD menjadi 40 kursi.

"Ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah kursi. Hanya terdapat perubahan kursi di dapil saja," ucapnya.

Menanggapi itu, salah seorang bakal Caleg DPRD Kota Kendari dari PBB, Kikila menerangkan, bekurangnya jumlah kursi di Dapil Kecamatan Wuawua-Kadia mempengaruhi parpol dalam perebutan kursi dewan nantinya.

"Tentunya pertarungannya semakin sengit, karena hanya 7 kursi yang diperebutkan," beber Kikila yang juga bakal caleg dari Dapil Wuawua-Kadia.

Baca Juga: Gerindra Target 7 Kursi DPRD Sulawesi Tenggara

Berikut alokasi kursi di setiap dapil di Kota Kendari:

1. Dapil Kendari I, Kecamatan Mandonga-Puuwatu sebanyak 8 kursi.

2. Dapil Kendari II, Kecamatan Kendari-Kendari Barat sebanyak 7 kursi.

3. Dapil Kendari III, Kecamatan Poasia-Abeli-Nambo sebanyak 7 kursi.

4. Dapil Kebdari IV, Kecamatan Kambu-Baruga sebanyak 6 kursi.

5. Dapil Kendari V, Kecamatan Wuawua-Kadia sebanyak 7 kursi. (A)

Penulis: Kardin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga