Jurusan Ilmu Hukum Miliki Kouta Terbanyak Jalur SNMPTN UHO

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 17 Februari 2022
0 dilihat
Jurusan Ilmu Hukum Miliki Kouta Terbanyak Jalur SNMPTN UHO
Nampak depan gedung Fakultas Hukum UHO. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum tercatat memiliki kuota terbanyak pada penerimaan mahasiswa baru (Maba) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di Universitas Halu Oleo (UHO) yaitu sebanyak 120 "

KENDARI, TELISIK.ID - Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum tercatat memiliki kuota terbanyak pada penerimaan mahasiswa baru (Maba) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di Universitas Halu Oleo (UHO) yaitu sebanyak 120. Hal tersebut sesuai dengan pangkalan data daya tampung Maba UHO tahun 2022.

Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, setiap tahunnya kuota penerimaan Maba itu tidak selalu jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga untuk kuota setiap jurusan akan hampir sama juga.

"Untuk kuota penerimaan per jurusan, selalu ada perubahan setiap tahun. Dan untuk tahun ini Hukum menjadi yang terbanyak menerima Maba dengan total keseluruhan 400 orang, yang telah dibagi di tiga jalur pendaftaran, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri," ungkapnya, Kamis (17/2/2022).

Dirinya menyebutkan, untuk di jalur bebas tes ini, selain jurusan hukum ada beberapa jurusan juga yang kuotanya mencapai sekitar 100 lebih.

"Ada jurusan Peternakan dengan 100 dan jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat 105. Sisanya itu sekitar puluhan. Yang pasti setiap jalur pendaftaran seluruh jurusan di UHO itu memiliki kuota. Jadi mereka yang tidak lulus di bebas tes ini, masih memiliki peluang untuk bisa masuk ke jurusan yang mereka inginkan melalui jalur tes bersama dan mandiri," katanya.

Baca Juga: Mahasiswa Unsultra Raih Juara di Ajang Student Exchange Internasional

Sementara itu, Wakil Rektor I UHO, Dr La Hamimu mengatakan, penerimaan Maba UHO setiap tahunnya selalu dipadati oleh para pendaftar. Untuk itu pihaknya sebisa mungkin menyiapkan sistem yang baik.

"Yah, setiap tahunnya selalu membeludak pendaftar, baik itu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Hanya kan untuk SNMPTN yang seleksi tim pusat, pihak kampus tidak punya wewenang dalam menyeleksi, yang pastinya kita akan fasilitas seluruh peserta," katanya.

Lanjutnya, dari setiap jalur pendaftaran ada beberapa jurusan yang selalu jadi favorit para pendaftar, artinya selalu banyak peminatnya dan itu hampir setiap penerimaan Maba.

Baca Juga: Hidup Serba Digital, Dikmudora Wajibkan Guru Miliki Skill

"Paling favorit itu jurusan Menajemen Fakultas Ekonomi. Setiap pendaftaran Maba, baik dari jalur SNMPTN sampai Mandiri, itu pemintanya selalu banyak, bahkan sampai ribuan. Sedangkan kuotanya hanya berapa saja. Menyusul Farmasi, dan Hukum yang beberapa tahun terakhir peminatnya mulai melunjak," pungkasnya. (B)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga