Jutaan Pria Jadi Perjaka Tua karena Krisis Wanita di Negara Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Jutaan Pria Jadi Perjaka Tua karena Krisis Wanita di Negara Ini
China tengah mengalami krisis penduduk wanita. Akibatnya, 40 juta penduduk pria kesulitan mencari istri. Foto: Repro Sindonews

" China memiliki 30 juta hingga 40 juta penduduk laki-laki yang tidak dapat menemukan istri "

BEIJING, TELISIK.ID - Pernikahan menjadi momen yang paling di impikan hampir semua orang. Namun di negara ini justru berbanding terbalik. China memiliki 30 juta hingga 40 juta penduduk laki-laki yang tidak dapat menemukan istri.

Perkiraan ini dikemukakan dalam makalah berjudul Marriage, a History: How Love Conquered Marriage yang ditulis oleh Stephanie Coontz. Pasalnya, China tengah mengalami krisis penduduk wanita.

Dilansir dari Merdeka.com, China sempat mengalami ledakan jumlah penduduk. Namun pada tahun 80-an, negara ini menerapkan program keluarga berencana yang sangat ketat. Keluarga-keluarga di China hanya diperbolehkan memiliki sedikit anak.

Satu anak untuk keluarga yang bermukim di desa dan dua anak untuk yang tinggal di kota. Karena kebudayaan China menganggap anak lelaki lebih penting daripada anak perempuan, akhirnya jumlah kasus aborsi terhadap bayi berjenis kelamin perempuan, meningkat tajam.

Baca Juga: China Resesi Seks, Kampus Libur Sepekan Beri Kesempatan Mahasiswa Jatuh Cinta

Sekarang, jumlah penduduk pria di China jauh lebih banyak, sehingga prospek untuk mendapatkan jodoh semakin sulit. Fenomena seret jodoh ini semakin menyulitkan bagi pria-pria China yang berasal dari desa.

Salah satu daerah di China yang paling banyak memiliki perjaka tua adalah Banzhushan. Duan Biansheng, seorang petani di Banzhushan yang berusia 35 tahun adalah salah satu contoh pria yang kesulitan mencari istri.

Baca Juga: Pemerintah Cina Beri Cuti 30 Hari bagi Pasangan Baru Menikah Demi Atasi Resesi Seks

Daun mengaku kalau dia menginginkan seorang istri untuk merawat dan menjaganya saat tua nanti. Ketika ditanya wanita seperti apa yang dia inginkan menjadi istri, pria itu menjawab apa adanya.

"Aku tidak punya persyaratan apapun. Bisa memiliki istri saja aku sudah puas," katanya dilansir dari TheGuradian.com. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga