Wanita Cantik Ini Tewas karena Hijab, Kondisinya Mengerikan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 23 September 2022
0 dilihat
Wanita Cantik Ini Tewas karena Hijab, Kondisinya Mengerikan
Ada kemarahan publik yang meluas atas kematian Masha Amini setelah dia ditahan oleh polisi moral negara itu. Foto: Twitter

" Ada kemarahan publik yang meluas atas kematian Masha Amini setelah dia ditahan oleh polisi moral negara itu "

TEHERAN, TELISIK.ID - Ada kemarahan publik yang meluas atas kematian Masha Amini setelah dia ditahan oleh polisi moral negara itu.

Saat dalam perjalanan keluarga ke Teheran, gadis  berusia 22 tahun itu ditangkap Selasa lalu karena jilbab "tidak pantas", karena jilbab Islami yang harus dikenakan oleh wanita Iran secara hukum.

Saksi mata dan kerabat menuduh petugas memukuli wanita muda Kurdi dengan kejam, memukul kepalanya beberapa kali.

Dia kemudian pingsan dan dibawa ke rumah sakit dalam keadaan koma. Pada 16 September, tiga hari kemudian dia meninggal.

Pihak berwenang Iran mengklaim dia mengalami serangan jantung yang fatal. Keluarganya mengatakan dia sangat sehat.

Baca Juga: Fosil Pohon Kuno Setinggi 229 Kaki Ternyata Berasal dari Negara Ini

Insiden mengejutkan itu kembali menyoroti aturan berpakaian Islami dan kebrutalan polisi di Iran. Tapi apa pentingnya hijab dalam masyarakat Iran?

Sejak Revolusi Islam 1979, telah diwajibkan bagi perempuan untuk mengenakan jilbab di Iran. Pemerintah mengacu pada bagian-bagian dari Al-Qur'an, dan Hadis (perkataan Nabi Muhammad) untuk membenarkan kebijakan tersebut.

Aturan berpakaian Islami secara ketat ditegakkan oleh polisi moral negara itu, yang berkeliaran di jalan-jalan dengan mobil van yang menahan orang-orang yang memiliki pakaian "tidak pantas". Mereka dikenal sebagai gasht-e ershad (patroli bimbingan).

Terlepas dari ancaman penangkapan, jutaan wanita Iran secara aktif menentang jilbab, mengenakannya dengan longgar di sekitar kepala mereka dan sering membiarkan jilbab jatuh ke bahu mereka. Perlawanan terhadap jilbab wajib nyaris terjadi.

Setelah Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khomeini mengatakan bahwa wanita harus mematuhi aturan berpakaian Islami pada tahun 1979, terjadi protes yang berapi-api, membuat pemerintah mengatakan bahwa komentarnya hanyalah sebuah rekomendasi.

Ini menjadi undang-undang pada tahun 1983. Protes terhadap jilbab terus berlanjut secara sporadis sejak itu, yang berpuncak pada para wanita yang membakar jilbab dan menari yang kita lihat hari ini.

Sebelum revolusi, ketika Iran diperintah oleh seorang raja sekuler Mohammad Reza Pahlavi, banyak wanita Iran yang aktif mengenakan jilbab.

Mereka melakukannya karena berbagai alasan, baik itu karena tradisi, identitas, ekspresi keagamaan, atau tekanan keluarga.

Namun, menurut penyair dan jurnalis Iran Asieh Amini, masalah utama saat ini adalah perempuan dipaksa berjilbab, menunjukkan bahwa mereka dapat dicambuk atau dipenjara karena melanggar aturan berpakaian Islami.

"Sayangnya, ini membuat banyak orang membencinya," katanya dilansir dari Euronews Culture.

"Perempuan mengalami begitu banyak penindasan. Mereka tidak tahan dengan dominasi ini dan menginginkan hak mereka," katanya.

"Polisi mengatakan mereka ada di sana untuk memberi nasihat," tambah Amini.

"Tetapi, kenyataannya, setiap hari, di semua kota di Iran, mereka mengendalikan tubuh wanita, pakaian mereka, semuanya," katanya.

"Hijab adalah simbol penindasan ini," sambungnya.

Baca Juga: Ini Kota Paling Berdosa dan Durhaka, Sarang Maksiat di Dunia

Amini, dirinya pernah ditangkap oleh polisi moral, mengatakan demonstrasi yang saat ini mengguncang Iran lebih dari sekadar aturan berpakaian.

Melansir Jurnalsoerang.com, kematian Mahsa Amini telah memicu kemarahan yang terpendam atas berbagai masalah termasuk kebebasan pribadi di Republik Islam dan ekonomi yang terguncang akibat sanksi.

Wanita telah melepas kerudung mereka selama empat hari protes, dengan beberapa memotong rambut mereka di depan umum.

Menurut salah satu aktivis Iran, yang tidak ingin disebutkan namanya, masalah lain dengan kebijakan jilbab saat ini adalah tidak menghormati berbagai bentuk pakaian yang dikenakan oleh berbagai kelompok etnis dan agama di Iran. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga