Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara Optimalkan Peningkatkan Kualitas Pendidikan di Bumi Anoa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 15 November 2023
0 dilihat
Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara Optimalkan Peningkatkan Kualitas Pendidikan di Bumi Anoa
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin, komitmen optimalkan peningkatan pendidikan. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara di bawah kepemimpinan Yusmin, berkomitmen untuk melakukan terobosan baru dalam memajukan pendidikan di Bumi Anoa "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara di bawah kepemimpinan Yusmin, berkomitmen untuk melakukan terobosan baru dalam memajukan pendidikan di Bumi Anoa.

Menurut Yusmin, fokusnya bukan hanya pada pembangunan fisik, melainkan pada perubahan pola pikir. Tujuan utamanya adalah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, menumbuhkan semangat membaca dan menulis dengan menghasilkan duta-duta baca dan menulis, serta individu-individu berprestasi yang dikenal hingga tingkat nasional.

Dalam visinya, Yusmin berkomitmen untuk merubah paradigma dan menciptakan lingkungan yang mendorong perkembangan potensi manusia ke arah yang lebih baik.

“Selain itu, membuat inovasi baru agar dunia pendidikan Sultra dilirik secara nasional dan global,” ujar Yusmin kepada awak media, Kamis (16/2/2023).

Dalam menjalankan inisiatif ke depan, upaya untuk mengurangi birokrasi panjang menjadi fokus utama. Salah satu langkah yang diambil adalah menghilangkan keharusan datang langsung untuk melaporkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Lestarikan Kebudayaan Melalui Promosi Duta Museum

Sebagai gantinya, laporan-laporan ini kini dapat disampaikan secara online, memberikan kemudahan dan efisiensi dalam proses administratif.

“Semua dokumen laporan realisasi dana BOS dan DAK dikirim dan tersaji dalam sistem online,” ungkap Yusmin.

Suasana belajar mengajar siswa di sekolah. Foto: Sumarlin/Telisik

 

Maka dari itu, Yusmin mengakui bahwa dukungan dari semua elemen yang ada di satuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara sangatlah penting baginya.

Apalagi, kata dia, ada beberapa terobosan yang akan dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Kampanye Anti Tawuran, Ajak Siswa Deklarasi Damai

“Saya selalu meminta seluruh pejabat Dikbud agar bekerja cepat, tepat, buat inovasi baru dan administrasi yang tepat. Terpenting setiap pekerjaan harus clean and clear. Ini akan terus kita pantau,” tegas Yusmin.

Untuk diketahui, Yusmin mengisi kursi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra yang kosong setelah Asrun Lio menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara pada Jumat (3/2/2023).

Yusmin dilantik secara resmi bersama 17 pejabat lainnya. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sultra Nomor 129 Tahun 2023 Tertanggal 2 Februari 2023. (C-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga