Kamu Calon Mahasiswa Baru? Simak Materi Tes SBMPTN 2022

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 16 Maret 2022
0 dilihat
Kamu Calon Mahasiswa Baru? Simak Materi Tes SBMPTN 2022
Ilustrasi calon mahasiswa mengikuti UTBK SBMPTN. Foto: Repro ruangmahasiswa.com

" Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN), maka harus melalui tes masuk PTN yang sudah ditentukan pemerintah "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN), maka harus melalui tes masuk PTN yang sudah ditentukan pemerintah.

Mengutip inews.id, untuk masuk di PTN calon mahasiswa harus mengikuti seleksi, salah sarunya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN.

Tujuan UTBK adalah memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

Mendekati jadwal pendaftaran UTBK-SBMPTN pada 2022 ini, banyak calon mahasiswa baru yang berburu materi tes SBMPTN 2022.

Tak banyak yang tahu, sebenarnya materi ini sudah diumumkan di website LTMPT.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut rangkuman tentang materi tes SBMPTN 2022 yang diambil langsung dari situs resmi pemerintah:

Materi Tes SBMPTN 2022

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Menyadur laman resmi LTMPT, salah satu materi yang menjadi bahan ujian adalah tes skolastik yang berkaitan dengan kemampuan kognitif calon mahasiswa baru.

Beberapa poin yang akan diuji meliputi Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Kuantitatif, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Sementara itu, Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

Baca Juga: Yuk, Daftar Beasiswa Inspiratif 2022 bagi Jenjang SMP Sampai S2

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi. Tak heran, dalam UTBK 2022, Bahasa Inggris menjadi salah satu materi tes yang diujikan dalam SBMPTN 2022.

Bagi calon mahasiswa baru, sebaiknya gunakan waktu sebaik mungkin untuk mendalami poin ini.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Tes ini dilakukan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman ilmu yang diterima di sekolah. TKA juga mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa baru yang terkait langsung dengan mata pelajaran.

Sebagai bocoran, penekanan tesnya adalah Higher Order Thinking Skills (HOTS), jadi siapkan diri kalian dengan baik dengan mendalami materinya.

Selain materi tes SBMPTN 2022, info lain yang tak kalah penting adalah kelompok ujian UTBK yang dibagi menjadi tiga, yaitu kelompok SAINTEK, SOSHUM dan campuran.

1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)

Materi yang diuji adalah TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Alokasi waktunya mencapai 195 menit.

Baca Juga: Putus Mata Rantai COVID-19, Siswa Belum Vaksin di Kolut Belajarnya dari Rumah

2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)

Materi yang diuji adalah  TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).  Alokasi waktu mencapai 195 menit.

3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) 

Materi yang diuji adalah TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum dengan alokasi waktu yang lebih panjang yaitu 285 menit. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga