Kapolda Jatim Jamin Transparan Penyidikan Kekerasan Jurnalis Tempo

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 30 Maret 2021
0 dilihat
Kapolda Jatim Jamin Transparan Penyidikan Kekerasan Jurnalis Tempo
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. Foto: Ist.

" Dengan adanya informasi dari rekan-rekan media, maka bisa terbangun konstruksi penyidikan yang sedang dibangun supaya lebih jelas dan membuat terang terkait kejadian tersebut. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Nico Afinta memastikan pihaknya akan mengusut tuntas kekerasan yang dialami oleh Jurnalis Tempo Nurhadi.

Alumnus Akpol  tahun 92 tersebut mengaku sedang membentuk tim khusus untuk menuntaskan kasus yang terjadi.

“Kami akan melakukan penyidikan secara transparan dan bersama-sama tim media mengawal proses hukum kasus tersebut sampai sidang selesai,” katanya saat ditemui di Mapolda Jatim, Selasa (30/3/2021).

Mantan Kapolda Kalsel tersebut mengatakan, meski ada kasus kekerasan terhadap jurnalis yang melibatkan personelnya, pihaknya juga menghimbau kepada jajarannya  untuk tetap berkomunikasi dengan baik dengan para wartawan.

"Sinergitas dengan wartawan tetap terjaga,” jelasnya.

Soal proses hukum terhadap Nurhadi,l kata Nico, pihaknya sudah melakukan olah TKP dengan meminta keterangan terhadap Nurhadi.

Baca Juga: Sempat Tutup Karena COVID-19, Pelaku Usaha Kuliner Kembali Bangkit

”Kami akan menindaklanjuti dengan memeriksa saksi-saksi yang akan diajukan, dan tentunya juga kami akan berkoordinasi dengan instansi supaya bisa berjalan dan segera selesai,” jelasnya.

Nico menambahkan, pihaknya terbuka apabila ada wartawan mempunyai informasi terkait kejadian kekerasan terhadap Nurhadi, untuk segera disampaikan di Ditkrimum Polda Jatim.

“Dengan adanya informasi dari rekan-rekan media, maka bisa terbangun konstruksi penyidikan yang sedang dibangun supaya lebih jelas dan membuat terang terkait kejadian tersebut,” jelasnya.

Nico bahkan mengaku akan memeriksa sejumlah saksi yang disebut korban untuk mencari titik terang penyidikan tersebut. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga