Kartu KIS Nonaktif, Dinsos Konawe Imbau Segera Lakukan Re-aktivasi

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 01 Agustus 2022
0 dilihat
Kartu KIS Nonaktif, Dinsos Konawe Imbau Segera Lakukan Re-aktivasi
Kadis Sosial Konawe, Agusuyono menyebut Kartu KIS nonaktif segera lakukan Re-aktivasi agar bisa diaktifkan kembali. Foto: Aris Syam/Telisik

" Dinas Sosial Kabupaten Konawe mengimbau kepada masyarakat pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) segera lakukan re-aktivasi jika sudah tidak aktif "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Sosial Kabupaten Konawe mengimbau kepada masyarakat pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) segera lakukan re-aktivasi jika sudah tidak aktif.

Seperti disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Sosial Konawe, Agusuyono, jika ada masyarakat  pemegang kartu KIS dan sudah tidak aktif, hal itu masih bisa dilakukan re-aktivasi atau aktifkan kembali dengan catatan, warga tersebut masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS ) terlebih dahulu.

Menurutnya, agar bantuannya dari pemerintah itu tepat sasaran, sehingga dipandang wajib masuk dalam DTKS dan jika belum terdaftar pihaknya akan mendaftarkan ulang ke DTKS agar kartu KIS dapat diaktifkan kembali.

"Cukup mendatangi gerai kami di MPP Konawe, nanti di sana petugas kami yang akan memeriksa kartu KIS-nya dan akan dibantu agar dapat aktif kembali," katanya.

Agusuyono menyebut, agar tidak terkesan nonaktif, diharapkan masyarakat menggunakan kartu KIS-nya sebulan sekali untuk layanan kesehatan, baik itu kontrol darah, cek kesehatan dan sebagainya.

"Kartunya nanti digunakan baik di RS maupun puskemas," imbuhnya.

Baca Juga: 13 Daerah Konawe Masuk Ketegori Kemiskinan Ekstrem, Begini Tanggapan Sekda Konawe

Tempat terpisah, salah satu warga Kelurahan Arombu, Desy mengungkapkan, selama ini kartu KIS -nya sering digunakan untuk layanan kesehatan di puskesmas untuk mengontrol kesehatannya dua kali dalam sebulan.

Baca Juga: Antam UBPN Kolaka Raih Penghargaan sebagai Perusahaan yang Sangat Responsif

"Alhamdulillah, ini kartu sering saya gunakan terus, jadi tidak pernah ada masalah atau kartunya nonaktif," tuturnya.

Ia juga mengklaim, meskipun sebagai pemegang kartu KIS yang merupakan bantuan layanan kesehatan dari pemerintah, namun untuk dari segi pelayanan yang diterima dari puskesmas atau rumah sakit sama saja.

"Kalau mengurus cepat respon semua," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga