Kartu Prakerja Gelombang 59 Dibuka, Ini Tips Jitu Agar Rp 4,2 Juta Bisa Cair

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 14 Agustus 2023
0 dilihat
Kartu Prakerja Gelombang 59 Dibuka, Ini Tips Jitu Agar Rp 4,2 Juta Bisa Cair
Peserta yang lolos seleksi kartu prakerja 2023 gelombang 59 akan mendapat sejumlah insentif. Foto: Repro Okezone.com

" Pemegang kartu prakerja memiliki akses ke berbagai manfaat setelah menyelesaikan pelatihan pertama, memberikan rating serta ulasan tentang pelatihan yang diikuti "

KENDARI, TELISIK.ID - Program kartu prakerja 2023 gelombang 59 sudah dibuka sejak Jumat, 11 Agustus lalu. Kini program besutan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) tersebut sedang dalam tahap seleksi.

Dilansir dari Umsu.ac.id, nantinya jika lolos, peserta seleksi kartu prakerja 2023 Gelombang 59 akan mendapatkan sejumlah insentif.

Pemegang kartu prakerja memiliki akses ke berbagai manfaat setelah menyelesaikan pelatihan pertama, memberikan rating serta ulasan tentang pelatihan yang diikuti. Insentif yang diberikan senilai Rp 4.200.000, terdiri dari:

- Biaya pelatihan sebesar Rp 3.500.000.

- Insentif biaya mencari kerja sebanyak 1 kali senilai Rp 600.000.

- Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000, yang dapat diberikan hingga 2 kali.

Tips Lolos Kartu Prakerja

1. Penuhi persyaratannya

Dikutip dari Newsmaker.tribunnews.com, berikut merupakan persyaratan yang harus diikuti oleh calon penerima program kartu prakerja.

Baca Juga: Anggaran Kartu Prakerja Kini Jadi Rp 30 Triliun

– WNI dengan minimal usia 18 tahun dan maksimal usia 64 tahun.

– Tidak sedang menjalani pendidikan formal.

– Pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, pekerja yang dirumahkan dan pekerja yang bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

– Bukan merupakan pejabat negara, Pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

– Hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK dalam satu KK yang menjadi penerima kartu prakerja.

2. Pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan data disdukcapil

Perhatikan tulisan nama lengkap, tanggal lahir, NIK apakah telah sesuai. Kemudian, jika data tidak sesuai, calon peserta dapat menghubungi dukcapil melalui telp/fax:(021) 79194075 / (021) 7980655 dan (021) 7949770, atau melalui WhatsApp/SMS 08118005373 dan email ke [email protected].

Selain itu calon peserta juga dapat menyelesaikan keluhan dengan mengunjungi kantor Dukcapil terdekat.

3. Pastikan email dan nomor masih aktif

Pastikan bahwa email dan nomor telepon yang didaftarkan masih aktif. Hal ini cukup penting karena verifikasi akun prakerja dan informasi terkait akan disampaikan melalui SMS ataupun email yang didaftarkan.

4. Pilih waktu yang tepat

Hindari waktu pada jam luang seperti siang hari atau weekend (hari libur). Cobalah mendaftar di waktu jam sibuk. Atau jika ingin pendaftaran tanpa ada gangguan bisa juga mencoba pada waktu malam hari atau tepat tengah malam.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 58 Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Cara ini dilakukan untuk menghindari ramainya pengunjung website. Namun jangan khawatir karena akses web prakerja.go.id tetap dapat dilakukan selama 24 jam.

5. Cek kondisi internet

Proses pendaftaran cukup memakan waktu dan langkah yang cukup panjang. Seperti membuat akun, verifikasi email, mengisi data diri, hingga rangkaian tes kemampuan dasar. Sehingga pastikan koneksi internet tidak mengganggu proses pendaftaran.

6. Update dan ikuti seluruh akun media sosial prakerja

Follow atau ikuti semua akun media sosial prakerja instagram @prakerja.go.di, facebook kartu prakerja, dan YouTube @KartuPrakerjaID. Aktifkan notifikasinya, jika sudah dibuka gelombangnya terus mencoba dan jangan menunda pendaftaran. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga