Kasus Presiden Jokowi Dilempar Sendal, Mantan Wakil Rakyat Ini Minta Polisi Periksa Panitia Penyelenggara

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Jumat, 01 September 2023
0 dilihat
Kasus Presiden Jokowi Dilempar Sendal, Mantan Wakil Rakyat Ini Minta Polisi Periksa Panitia Penyelenggara
Roida ketika diamankan oleh Paspampres mencoba menerobos menemui Presiden Joko Widodo. Foto: Screenshot video viral

" Roida Tampubolon (Roida), adalah wanita yang berani melakukan aksi pelemparan sandal dan air mineral ke arah rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke Kota Medan, Sumatera Utara "

MEDAN, TELISIK.ID - Roida Tampubolon (Roida), adalah wanita yang berani melakukan aksi pelemparan sandal dan air mineral ke arah rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke Kota Medan, Sumatera Utara.

Roida berhasil menyerap semua energi dari kegiatan yang memakan biaya besar, bertajuk relawan pemenangan.

Hingga saat ini, tidak ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas kericuhan tersebut. Panitia penyelenggara bungkam, padahal dalam foto dan video yang beredar, Roida jelas mengalungi tanda peserta. Roida jelas adalah peserta pertemuan, bukan penyusup.

Baca Juga: Suami Wakil Bupati Ditangkap Polisi Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur

"Lalu kenapa kegiatan dengan pengamanan VVIP kecolongan?" kata mantan anggota DPRD Sumatera Utara, Sutrisno Pangaribuan kepada Telisik.id, Jumat (1/9/2023) siang.

Menurutnya, panitia harus bertanggung jawab atas insiden yang terjadi. Apalagi, pengamanan nyaris kecolongan.

"Meski tidak mengancam keselamatan Presiden Jokowi. Namun aksi Roida harus ditanggapi dengan serius. Ada kesalahan yang harus dievaluasi, terkait prosedur tetap (protap) pengamanan tamu VVIP. Panitia penyelenggara harus diperiksa oleh polisi sesuai izin keramaian yang dimiliki," terang Sutrisno yang juga Presidium Kongres Rakyat Nasional (Kornas).

Baca Juga: Kapolres Dairi Aniaya Dua Anggota Dicopot, Tes Kejiwaan Harus Dilakukan

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi mengenai dugaan kecolongan pengamanan Presiden mengaku, tidak ada melakukan pemeriksaan terhadap panita kegiatan.

"Sampai saat ini belum ada dilakukan pemeriksaan terhadap panitia. Namun, meskipun begitu. Saya harus berkomunikasi dengan pihak Intelkam atau pihak yang lainnya," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Roida diamankan Paspamres karena berusaha menerobos barisan pengamanan untuk bertemu Presiden Jokowi, Minggu 27 Agustus 2023. Selain itu, Roida juga mencoba melempar sendal ke arah orang nomor satu di negara ini. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga