Kawal Hak Pilih, Bawaslu Sulawesi Tenggara Gelar Patroli Pengawasan Pemilu

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 11 Februari 2024
0 dilihat
Kawal Hak Pilih, Bawaslu Sulawesi Tenggara Gelar Patroli Pengawasan Pemilu
Kegiatan launching patroli pengawasan dan doa bersama dalam rangaka pengawasan tahapan masa tenang pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Bawaslu Sulawesi Tenggara menyebut launching Pengawasan Pemilu, menguatkan keyakinan atas hak pilih dan partisipasi masayarakat dalam menyalurkan suaranya "

KENDARI, TELISIK.ID - Bawaslu Sulawesi Tenggara menyebut launching Pengawasan Pemilu, menguatkan keyakinan atas hak pilih dan partisipasi masayarakat dalam menyalurkan suaranya.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah, Asrun Lio. Menurutnya, pengawasan yang ketat akan memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa setiap suara memiliki hak yang sama, sehingga ini menjadi bagian dasar prinsip pemilu yang menjamin hak setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam menentukann nasib bangsa.

Dalam pelaksanaan pemilu, kata Asrun Lio, ada KPU yang bertugas menyelenggarakan secara teknis, kemudian Bawaslu yang melakukan pengawasan pemilihan umum sebagai lembaga pengawas yang memastikan jalannya Pemilu ini sesuai dengan aturan dan norma-norma yang berlaku.

"Launching pengawasan pemilu adalah langkah strategis melibatkan masyarakat dalam pengawasan tahapan masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara pemilu," ucap Asrun Lio.

Baca Juga: Ribuan Personel Polda Sulawesi Tenggara Siap Tempur, Dilarang Catat Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2024

Lebih lanjut, tambah Asrun Lio, patroli ini bukan hanya tanggung jawab Bawaslu tetapi ini adalah tanggung jawab semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan pemilu yang damai berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Ketua Bawaslu Sulawesi Tengggara Iwan Rompo Bane mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran Bawaslu untuk melaksanakan pengawasan melekat terhadap tahapan masa tenang dan pemungutan perhitungan suara.

Hal ini, kata Iwan Rompo, wujud pengawas pemilu pada semua tingkatan sampai di kabupaten/kota untuk melakukan patroli pengawasan.

Kemudian, lanjut Iwan, sebagai bangsa yang beragama bahwa apapun upaya jika tidak diridhoi Allah SWT maka akan sia-sia sehingga diadakan doa bersama dalam rangka pengawasan masa tenang, pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024.

Baca Juga: Ada Telepon Minta Data KPPS, Ketua KPU Kendari: Harus Dilakukan Secara Resmi

Dalam masa tenang ini, Bawaslu menekanan agar semua alat peraga kampanye (APK) sudah dibersihkan kemudian tidak ada lagi kegiatan berkategori kampanye tidak ada money politik dan tidak ada politisasi SARA, sehingga semuanya siap memilih pada 14 Februari 2024 sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Sementara itu, Kasatpol PP, Hamim Imbu mengatakan, dimasa tenang ini mulai menertibkan APK termasuk memerintahkan kepada Pol PP se-Sulawesi Tenggara.

"Kami prinsipnya bekerja keras untuk menertibkan dalam rangka prosedur ketentuan edar yang mestinya harus anggota partai untuk mengamankan APK masing-masing, tapi kami atas perintah Mendagri akan menertibkan di wilayah kota dan provinsi," kata Hamim Imbu.

Diketahui, kegiatan launching Patroli Pengawasan dan doa bersama dalam rangka pengawasan tahapan masa tenang pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024, digelar di pelataran Masjid Al Alam Kendari, Minggu (11/2/2024). (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga