Sisa DAK Capai Rp 4 Miliar jadi Prioritas Perbaikan Jalan Konawe hingga Sidamangura Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 22 Mei 2023
0 dilihat
Sisa DAK Capai Rp 4 Miliar jadi Prioritas Perbaikan Jalan Konawe hingga Sidamangura Muna Barat
Sisa DAK Muna Barat dari tahun 2018 hingga 2020 capai Rp4 miliar, dialihkan untuk pembangunan Puskesmas dan perbaikan jalan dari Kelurahan Konawe hingga Sidamangura. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Sisa dana alokasi khusus (DAK) hampir mencapai Rp4 miliar di kas daerah, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat fokus pada perbaikan jalan rusak dan pembangunan Puskesmas Bero "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sisa dana alokasi khusus (DAK) hampir mencapai Rp4 miliar di kas daerah, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat fokus pada perbaikan jalan rusak dan pembangunan Puskesmas Bero.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, DAK tersebut merupakan sisa anggaran dari tahun 2018, 2019 dan 2020 yang outputnya telah tercapai.

Sehingga setelah ia kumpulkan, sisa uang tersebut capai Rp2,2 miliar dan Rp1,17 miliar sisa anggaran yang ada di Dinas Kesehatan.

Baca Juga: Pemda Beri Dana Hibah ke ITBKM Muna Barat

"Dana ini dari sisa lelang, jadi dari dana ini kami temukan ada sisa uang dan digabunglah uang itu hingga capai Rp2,2 miliar, ditambah Rp1,17 miliar, totalnya hampir mencapai Rp4 miliar," kata Bahri pada awak media, Senin (22/5/2023).

Bahri katakan, sisa dana yang ada di Dinas Kesehatan sebesar Rp1,17 miliar akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan Puskesmas Bero.

Selanjutnya, sisa uang yang ditemukan di kas daerah tersebut tidak boleh keluar dari DAK, maka pemerintah daerah harus menggunakan melalui DAK kembali.

Sebagaimana dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 198 Tahun 2022 tentang DAK fisik, sisa DAK tahun-tahun sebelumnya digunakan pada bidang DAK sekarang sesuai dengan kebutuhan daerah dan menggunakan juknis tahun ini.

Sehingga saat ini, prioritas Pemda Muna Barat ialah jalan, maka sisa anggaran sebesar Rp2,2 miliar akan dipakai untuk perbaikan jalan dari arah Kelurahan Konawe hingga Sidamangura Kecamatan Kusambi.

"Saya telah perintahkan Kepala Dinas PUPR, dan hari ini kami telah tinjau lokasi, langsung hitung dan geser perkada atau geser mendahului," pungkasnya.

Ia menyebutkan uang tersebut akan dipakai untuk jalan sebagai prioritas pembangunan, sebab jika tidak digunakan, uang tersebut akan menjadi silva, dan apabila silva Muna Barat besar menggambarkan prestasi daerah tersebut jelek.

Sementara, ada juga beberapa jalan yang menjadi perhatian saat ini, yakni jalan dari arah Watopute hingga depan Bandar Udara Sugimanuru, sehingga jalan tersebut saat ini telah dianggarkan di Pemprov Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Menang di Tingkat Provinsi, Perwakilan STQH Muna Barat Disiapkan Tiket Umrah

Kemudian, pemerintah daerah juga telah mendapat Inpres terkait jalan yang akan diperbaiki dari SP-4 hingga Kabangka, serta jalan dari Kombikuno hingga Tangkumaho.

Selanjutnya, Kepala Dinas PUPR Muna Barat, Undhing mengatakan, pihaknya siap melaksanakan arahan yang telah diberikan oleh pemimpin, khususnya dalam pembangunan prioritas daerah yang menggunakan sisa DAK tersebut.

Selanjutnya, soal tata waktu pengerjaan, pihaknya akan segera mereview dokumen perencanaan terkait dengan ruas-ruas jalan tersebut, kemudian pihaknya segera ajukan lelang ke ULP.

"Yang jelas perintah pimpinan kami upayakan dapat dikerjakan sebelum perubahan anggaran tahun ini," singkatnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga