Buton Gerak Cepat Sambut JPI

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 10 April 2021
0 dilihat
Buton Gerak Cepat Sambut JPI
Kadispora Buton, Laode Zainuddin Napa dalam rangkaian kunjungan Kemenpora RI. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Menurut saya, pada prinsipnya kunjungan Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI merupakan angin segar buat Kabupaten Buton karena selama ini sangat terbatas pejabat eselon 1 untuk berkunjung ke Buton. "

BUTON, TELISIK.ID - Usai dikunjungi Kemenpora, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton akan bergerak cepat dalam penataan kawasan untuk persiapan Jambore Pemuda Indonesia (JPI).

"Penataan kawasan kami akan cepat lakukan, karena hal tersebut telah kami rencanakan dari awal," kata Kepala Dispora Buton, Laode Zainuddin Napa, Jumat (9/4/2021).

Ia mengaku sangat antusias melakukan persiapan JPI, setelah Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah berkunjung dalam rangka memastikan kesiapan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah JPI.

"Menurut saya, pada prinsipnya kunjungan Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI merupakan angin segar buat Kabupaten Buton karena selama ini sangat terbatas pejabat eselon 1 untuk berkunjung ke Buton," ungkapnya.

Menurutnya, momentum ini merupakan harapan dan rencana pemerintah provinsi yang merespon bahwa salah satu kabupaten yang layak jika Sulawesi Tenggara diberi kepercayaan sebagai pusat penyelenggaraan JPI adalah Kabupaten Buton.

"Saya kira kabupaten lain juga tidak melebihi potensinya dengan Buton, tetapi Buton lebih cepat merespon tentang peluang tersebut dengan segala kekurangannya," tambahnya.

Baca juga: Masyarakat Bombana Manfaatkan Nira Aren Menjadi Gula Semut

Olehnya itu, dengan adanya peluang tersebut pihak Dispora Buton langsung melapor ke bupati untuk ditindaklanjuti ke gubernur.

"Setelah prosedur itu dilakukan, kemudian dilakukan mengevaluasi dan merespon cepat peluang ini. Akhirnya keluarlah surat dukungan dari gubernur kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga," jelasnya.

"Akhirnya, setelah melalui persentase di Jakarta bersama bupati Buton, maka Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora merespon dengan berkunjung di Buton," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Sultra, Syafrin, ikut merasa bersyukur terkait kunjungan Kemenpora tersebut.

"Kami selaku penyelenggara mencoba meyakinkan beliau (Kemenpora) tentang kesiapan Buton sebagai tuan rumah JPI, dan kami sudah merasa bersyukur karena hasil persentase pak bupati bersama Kadispora Buton di Jakarta  telah direspon oleh beliau," ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Kemenpora memberikan pandangan baik terhadap sarana prasarana yang ada di Buton, yang semua telah memenuhi standar untuk pelaksanaan event nasional ini.

"Semua aspek yang menyangkut pelaksanaan JPI tersebut telah ditunjuk secara langsung oleh Kadispora Buton yaitu titik-titik pelaksanaan, mulai dari pembukaan sampai seluruh rangkaian pelaksanaan JPI nanti," tutupnya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga