Keindahan Danau Napabale Muna Tarik Wisatawan saat Libur Lebaran

Aris Mantobua, telisik indonesia
Kamis, 05 Mei 2022
0 dilihat
Keindahan Danau Napabale Muna Tarik Wisatawan saat Libur Lebaran
Nampak masyarakat menikmati libur lebaran di danau Napabale Kabupaten Muna dengan menaiki perahu, Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Libur lebaran idul fitri membuat kesempatan bagi beberapa orang, keluarga hingga kerabat untuk menikmati waktu berlibur di tempat wisata "

MUNA, TELISIK.ID - Libur lebaran idul fitri membuat kesempatan bagi beberapa orang, keluarga hingga kerabat untuk menikmati waktu berlibur di tempat wisata, terutama di danau Napabale Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna.

Danau yang berada di Desa Lohia itu memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan, bagaimana tidak, danau yang harusnya memiliki air yang tawar, hal tersebut tidak berlaku untuk di danau Napabale.

Keunikan air asin ini terjadi karena danau Napabale terhubung dengan laut melalui sebuah terowong alam yang mengakibatkan air laut masuk ke dalam danau.

Pemandangan alam yang menakjubkan di danau Napabale ini terutama airnya yang jernih dan sekitar danau diapit oleh kaki bukit, pepohonan rindang yang ada di bukit membuat suasana menjadi sejuk dan rindang.

Danau Napabale berjarak sekitar 15 km dari Kota Raha, bisa dijangkau dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dengan menggunakan roda dua, hingga roda empat. Karcis masuk untuk roda dua sebasar Rp 5 ribu, sedangkan roda empat Rp 20 ribu, tergantung dari jumlah orang dalam mobil.

Bagi masyarakat lokal, danau Napabale menjadi lintasan mereka jika hendak menuju laut, melalui terowongan yang menghubungkannya. Dalam keadaan surut, tinggi air danau hanya sekitar 1,5 meter saja. Dalam keadaan pasang, bisa mencapai 5 meter.

Baca Juga: Pasca Lebaran, Ratusan Ribu Wisatawan Kunjungi Ancol

Dari pantauan Telisik.id, banyak dari masyarakat menikmati suasana danau Napabale dengan bersuwafoto, berenang menggunakan ban dari anak sampai kaula tua. Banyak juga dari masyarakat menikmati suasana danau dengan menyewa perahu guna mengelilingi tebing-tebing karst yang mengelilingi danau.

Seorang pengunjung, Irma mengatakan, memilih danau Napabale karena ingin menikmati suasana danau yang indah. Ia menuturkan, danau Napabhale mempunyai udara yang sejuk di saat siang hari, berbeda dengan tempat wisata yang lain.

"Siang seperti ini tidak panas, mungkin banyak pepohonan di sekitar danau sehingga udara yang berhembus sangat sejuk, ditambah lagi air danau yang biru membuat suasana terasa damai. Mungkin ini alasan saya memilih Danau Napabale sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi," terangnya Kamis, (5/5/2022).

Senada dengan Irma, warga lain Agus mengatakatan, rasa penasaran ingin melihat terowongan membuat dirinya harus berkunjung di danau Napabale. Menurutnya, danau tersebut memiliki keunikan yang berbeda dengan tempat wisata lainnya di Kabupaten Muna. Selain memiliki keunikan luar biasa, akses untuk ke danau pun tergolong tidak begitu jauh.

Baca Juga: Pantai Toronipa Jadi Destinasi Favorit Habiskan Libur Lebaran

"Kita tadi sewa perahu menuju terowongan, jadi rasa penasaranku sudah terbayarkan. Jaraknya juga dari rumah tidak terlalu jauh. Jalan menuju di sini tidak rusak," puasnya.

Penyedia jasa penyewaan perahu, La Garuda mengatakan, antusias pengunjung untuk naik di perahu miliknya sangat besar. Banyak dari pengunjung yang hendak melihat terowongan danau Napabale.

"Sebelum lebaran, tidak seramai sekarang ini yang naik perahu saya. Untuk tarif sekali perjalanan Rp 100 ribu," pungkasnya. (A)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga