Kekerasan Anak di Bombana Meningkat

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
Kekerasan Anak di Bombana Meningkat
Pelatihan konvensi hak anak di aula Tanduale Kantor Bupati Bombana waktu lalu. Hir Abrianto/Telisik

" Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bombana untuk memberantas tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak "

BOMBANA, TELISIK.ID - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bombana untuk memberantas tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Akan tetapi, tindak kekerasan terhadap anak juga terus terjadi. Terhitung hingga 8 Maret 2023, Dinas P3A Bombana menerima laporan dan penanganan sebanyak 8 perkara.

“Ini terjadi peningkatan kalau di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ucap Kepala UPTD PPA Dinas PPPA Bombana, Jubardin saat ditemui di ruang Kerjanya pada Rabu (8/3/2023).

Baca Juga: Wawonii Festival Mancing Panggil Para Angler se-Sulawesi

Dari 8 kasus tersebut, 5 laporan kasus kekerasan atau pencabulan, satu kasus kekerasan fisik terhadap anak dan kasus terhadap perempuan.

Untuk diketahui, pada tahun 2022 tercatat 20 kasus yang ditangani oleh DP3A Bombana yang terbagi atas 13 kasus persebutuhan terhadap anak di bawah umur dan 7 kasus kekerasan fisik terhadap perempuan dan anak.

Menyikapi hal tersebut, Anggota Komisi I DPRD Bombana, Andi Firman menilai, persoalan anak dan perempuan di daerah harus memberikan perhatian khusus dan metode edukasinya terhadap masyarakat harus sampai dan efektif serta mudah diterima.

Baca Juga: Kawasan Hutan Lindung Warangga Mulai Dirambah

Di tengah terbukanya jendela informasi yang bisa diakses dengan cepat, maka ini bisa jadi peluang sebagai wadah untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya terhadap orang-orang tua. cara sosialisasinya pun harus selalu dievaluasi apakah tepat atau efektif atau tidak

"Sehingga, semua pihak merasa bahwa masing-masing punya tugas yang sama yakni memberikan perlindungan pada anak-anak," ucap Andi Firman. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga