Keluarga Berencana di Muna Mulai Didata

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 23 Maret 2021
0 dilihat
Keluarga Berencana di Muna Mulai Didata
Ilustrasi pendataan keluarga. Foto: Ist.

" Pendataan dilakukan kader yang dibimbing oleh penyuluh keluarga berencana PKB dan penyuluh lapangan KB. "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muna, mulai melakukan pendataan keluarga.  

Kadis PPKB Muna, Rahmat Raeba menerangkan, pendataan keluarga dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat, valid, relevan serta dapat dipertanggungjawabkan. Metode pendataan dilakukan melaui formulir (paper base dan smartphone).

"Pendataan berdasarkan indikator kependudukan guna memperoleh basis data keluarga by name by adress," kata Rahmat, Selasa (23/3/2021).

Ia menerangkan, kegiatan pendataan selain menyediakan basis data keluarga, juga memuat informasi keluarga bersiko staunting. Dari hasil pendataan itu dijadikan dasar dalam perencanaan dan pemetaan kebijakan operasional program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana), pencegahan stunting, dan program pembangunan lainnya.

Pendataan sendiri baru akan dimulai pada 1 April hingga 31 Mei mendatang. Pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Tentunya, pendataan akan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes).

Baca Juga: Tak Jalankan Tugas, Sertifikasi Guru Bisa Dicabut

Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dan mendukung pendataan keluarga dengan menerima kader, serta memberikan info yang benar.

"Pendataan dilakukan kader yang dibimbing oleh penyuluh keluarga berencana PKB dan penyuluh lapangan KB," sebutnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga