Keluhan Warga Desa Momuntu Direspon Cepat Pemda Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 10 November 2023
0 dilihat
Keluhan Warga Desa Momuntu Direspon Cepat Pemda Muna Barat
Kunjungan Pj Bupati Muna Barat, Bahri ke Desa Momuntu untuk menjawab keluhan masyarakat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Keluhan warga Desa Momuntu, Kecamatan Tiworo Tengah direspon cepat oleh Pemda Muna Barat terkait beberapa perbaikan infrastruktur "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Keluhan warga Desa Momuntu, Kecamatan Tiworo Tengah direspon cepat oleh Pemda Muna Barat terkait beberapa perbaikan infrastruktur.

Keluhan itu disampaikan oleh Kepala Desa Momuntu, Dedi Setiadi, jika masyarakat di desanya membutuhkan perbaikan pagar, masjid, dan kantor balai desa.

Selain itu menjadi keluhan masyarakat, khususnya para kelompok tani yaitu belum memadainya alsintan, sehingga sebagai salah satu desa penghasil semangka di Muna Barat, hasil panen tak sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga: Peserta Pemilu di Muna Barat Diberi Waktu Turunkan APK hingga 10 November

Selanjutnya, untuk fasilitas sekolah dasar yang ada di desa tersebut yaitu masih kurangnya ruang belajar, terlebih di desa tersebut penduduknya menganut tiga macam agama yaitu Kristen Katolik, Islam, dan Hindu. Sehingga di sekolah dasar tersebut kekurangan room belajar untuk dua agama yaitu Katolik dan Hindu.

"Semoga keluhan ini diberikan solusi oleh pemda," ungkapnya.

Tak hanya itu, infrastruktur jalan menuju dyesa Momuntu juga saat ini masih kurang memadai, terlebih jalanan penghubung dari Desa Langku-Langku ke Desa Momuntu, yang mana saat hujan jalanan itu susah dilewati karena banyaknya kubangan air.

Atas keluhan masyarakat tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri menjawab keluhan tersebut yaitu untuk keluhan kelompok tani ia akan memberikan alsintan berupa jonder, yang mana tahun 2024 pemda telah menganggarkan untuk pengadaan tiga unit jonder, sehingga Desa Momuntu akan diberikan satu unit jonder.

Kemudian, ia juga akan memberikan dana BKK bagi Desa Momuntu sebanyak Rp 200 juta, dana itu nanti akan digunakan untuk perbaikan kantor dan pagar senilai Rp 100 juta, dan Rp 100 juta lainnya dibagi yaitu Rp 30 juta untuk BPD, Rp 50 juta untuk desa, dan Rp 20 juta untuk TP PKK desa.

Baca Juga: Serahkan Dana Hibah ke FKUB, Pj Bupati Muna Barat: Terus Tingkatkan Kinerja

Terkait keluhan ruang belajar sekolah dasar, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu untuk menghitung anggaran, pasalnya ada beberapa sekolah dasar yang menjadi prioritas pembangunan misalnya di Desa Nihi dan lainnya yang hampir roboh sebab belum pernah direhabilitasi.

"Begitupun dengan perbaikan jalan, kita hitung dulu anggarannya," pungkasnya.

Sementara itu, masyarakat Desa Momuntu memberi apresiasi atas jawaban dari keluhan yang selama ini belum mendapatkan solusi, terlebih Pj Bupati baru berkunjung ke Desa Momuntu dan tetap responsif dengan keluhan masyarakat.

"Masyarakat tentu bersyukur, setidaknya dengan jawaban itu, keluhan selama ini akan ditanggulangi pemda," ungkap salah satu warga, Una. (A-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga