Pemda Muna Gelontorkan Rp 300 Juta Buat Peningkatan Jalan di Kawasan Kontu Barat

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 02 Oktober 2020
0 dilihat
Pemda Muna Gelontorkan Rp 300 Juta Buat Peningkatan Jalan di Kawasan Kontu Barat
Jalan di Kontu Barat yang telah dibuangkan material. Foto: Sunaryo/Telisik

" Anggaranya dari hasil refocusing dan sudah siap. "

MUNA, TELISIK.ID - Janji Bupati Muna, LM Rusman Emba sebelum cuti untuk meningkatkan jalan di kawasan Kontu Barat, Kecamatan Batalaiworu segera terealisasi.

Untuk anggaran sepanjang 1 Kilometer itu, Pemkab telah mengalokasikan anggaran sekira Rp 300 juta.

"Anggaranya dari hasil refocusing dan sudah siap," kata Kabag Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda Muna, Syahrun, Jumat (2/10/2020).

Kini, pihaknya tengah melakukan review Harga Perkiraan Sendiri (HPS), daftar harga material dan peralatan. Setelah itu, akan dilakukan proses lelang.

Baca juga: Membangun Buton Harus Berdasar Ideologi Pancasila

"Insya Allah, dalam waktu dekat sudah dilelang. Rencana Umum Pengadaan (RUP) dan perencanaannya sudah ada," ungkapnya.

Status jalan tersebut menurut Syahrun, telah masuk sebagai aset daerah. Nah, menjadi tidak masuk akal bila ada yang menimbun jalan tersebut demi kepentingan politik. Tentunya, material timbunan yang sudah dibuang di lokasi itu akan dipindahkan. Karena, takutnya nanti tidak akan sesuai dengan spesifikasi material yang ada.

"Sebenarnya kalau jalannya belum masuk aset daerah, sah-sah saja ditimbun. Tapi, ketika sudah menjadi aset, maka itu menjadi kewajiban Pemkab," tukasnya.

Pembuangan material timbunan yang diduga dilakukan salah satu Paslon di Muna selain membuat terkejut Pemkab, juga membuat kaget warga sekitar. Betapa tidak, warga sudah mengetahui, bila jalan tersebut telah dianggarkan oleh Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga