Kemensos Siapkan 15 Lumbung Sosial di Nusa Tenggara Timur Cegah Dampak Bencana

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 13 Desember 2022
0 dilihat
Kemensos Siapkan 15 Lumbung Sosial di Nusa Tenggara Timur Cegah Dampak Bencana
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat berkunjung ke Kupang, Nusa Tenggara Timur. Foto: Ist.

" Kementerian Sosial (Kemensos) menyediakan 15 lumbung sosial di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal itu bertujuan untuk membantu penanganan dampak bencana di wilayah tersebut "

KUPANG, TELISIK.ID - Kementerian Sosial (Kemensos) menyediakan 15 lumbung sosial di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal itu bertujuan untuk membantu penanganan dampak bencana di wilayah tersebut.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini saat berkunjung ke Sentra Efata Kupang, Selasa (13/12/2022) mengatakan, penyediaan lumbung sosial itu berkaitan dengan dukungan Kemensos dalam upaya penanggulangan bencana di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Titik-titik lumbung sosial tersebut, kata dia, tersebar di berbagai daerah terutama yang rawan terjadi bencana.

Baca Juga: PAD Bombana Terus Meningkat Tahun Ini Capai Rp 22 Miliar

Ia menyebutkan berbagai logistik penanganan bencana tersedia di lumbung sosial seperti makanan, tenda, termasuk mesin genset untuk penerangan, dan lainnya.

"Di situ (lumbung sosial) lengkap, jadi ada sesuatu yang sewaktu-waktu dibutuhkan bisa didorong penggunaannya," katanya.

Lebih lanjut, Tri Rismaharini mengatakan dukungan penanganan dampak bencana di Nusa Tenggara Timur dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Kementerian Sosial.

Dengan demikian, ada bagian tertentu yang tidak bisa diintervensi lebih jauh atau menjadi wewenang kementerian/lembaga lainnya seperti normalisasi kali.

Ia juga mendorong warga yang terdampak bencana agar mampu membangun kembali kondisi kehidupan dengan merintis usaha ekonomi produktif, sehingga ke depan bisa didukung dengan bantuan Kemensos.

Baca Juga: PT SMI Transfer Sisa Dana Pinjaman Pemkab Muna 28 Desember

Sementara itu di Kabupaten Kupang yang merupakan Ibu kowta Nusa Tenggara Timur, pemerintah telah menetapkan tiga titik lumbung sosial.

Bupati Kupang, Korinus Masneo mengatakan, penetapan tiga titik lumbung sosial bertujuan untuk penanganan bencana secara cepat, tepat dan terkoordinir dengan baik. Sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Kupang di masa mendatang.

Ada pun tiga titik lumbung sosial itu yakni, Kecamatan Amarasi, Kecamatan Fatuleu Barat dan Kecamatan Amfoang Selatan. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga