Kenali Penyebab dan Cara Hilangkan Stretch Mark pada Wanita

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 19 Oktober 2022
0 dilihat
Kenali Penyebab dan Cara Hilangkan Stretch Mark pada Wanita
Munculnya garis-garis stretch mark tentu membuat seseorang yang mengalaminya merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Foto: Repro Pikiranrakyat.com

" Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretch mark, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami maupun perawatan tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki stretch mark memang terkadang bisa jadi hal yang menyebalkan. Meski terdapat pada bagian tubuh yang tertutupi, tentu saja stretch mark masih mengganggu percaya diri Anda.

Stretch mark adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh yang banyak mengandung lemak, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, paha, dan bokong. Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu.

Tidak semua orang mengalami stretch mark. Kondisi ini biasanya dialami orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen, yaitu protein yang membuat kulit lentur. Stretch mark umumnya muncul karena ukuran tubuh bertambah lebih cepat daripada perkembangan dan elastisitas kulit.

Ketika kulit meregang dengan cepat, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis, sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Bila demikian, akan muncul garis atau guratan kemerahan, kadang disertai rasa gatal. Lama-kelamaan garis ini akan berubah menjadi warna putih atau kelabu. Kondisi inilah yang disebut stretch mark.

Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami stretch mark, dilansir alodokter.com:

• Kehamilan

• Peningkatan berat badan yang drastis

• Masa pubertas

• Warna kulit terang

• Adanya riwayat keluarga dengan stretch mark

• Gangguan kesehatan tertentu, seperti sindrom Marfan atau sindrom cushing

• Penggunaan obat-obatan kortikosteroid, seperti hidrokortison atau fluocinolone yang tidak tepat.

Baca Juga: 7 Profesi Ini Membutuhkan Portfolio, Mempermudah Direkrut

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretch mark, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami maupun perawatan tertentu. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa kamu coba, melansir halodoc.com:

1. Terapi laser

Ini adalah cara menghilangkan stretch mark yang paling mudah, karena dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit. Perawatan laser yang dilakukan secara berkala terbukti ampuh untuk menghilangkannya. Sayangnya, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan perawatan ini. Selain itu, jika kamu tidak melakukannya secara tuntas, bisa saja stretch mark tersebut akan muncul kembali.

2. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya akan membuat kulit tetap kenyal dan elastis, sehingga secara perlahan stretch mark tersebut akan hilang. Kamu cukup mengoleskan gel tersebut secara merata, diamkan selama 15 menit, dan bilaslah dengan bersih.

3. Minyak Zaitun

Hal yang membuat minyak zaitun cocok dijadikan sebagai bahan alami penghilang stretch mark adalah kandungan zat linoleic acid-nya. Zat ini ampuh untuk menjaga kandungan air pada kulit, sehingga stretch mark pasti akan pudar perlahan.

Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol yang bersifat antioksidan, sehingga akan membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Kamu cukup mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan sedikit madu, kemudian oleskan secara merata pada stretch mark.

4. Putih Telur

Sama seperti gel lidah buaya, putih telur juga ampuh untuk mengenyalkan wajah sekaligus mencerahkannya. Hal ini lantaran putih telur merupakan sumber protein dan mikronutrien yang baik. Jika kamu ingin mengurangi bau amisnya, kamu dapat menambahkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon.

5. Minyak Vitamin E

Baca Juga: Sosok Bunda Corla yang Viral, Dulunya Model Berparas Cantik

Vitamin E memang sudah dikenal luas mampu mengatasi beragam masalah kulit. Kamu dapat menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Lotion

Dengan menggunakan lotion yang sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki juga akan menghilangkan stretch mark perlahan. Gunakanlah setiap hari, agar stretch mark hilang dan kulit semakin kenyal dan sehat.

7. Bubuk Cokelat

Apabila kamu sering membuat kue di rumah, bubuk cokelat yang biasa jadi bahan pembuat kue ini dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan stretch mark. Buatlah pasta dari bubuk cokelat yang hanya diberi sedikit air, lalu oleskan pada stretch mark sebanyak dua kali sehari. (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga