Kendari Masih di Level 2, Begini Tanggapan Wali Kota

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 19 Oktober 2021
0 dilihat
Kendari Masih di Level 2, Begini Tanggapan Wali Kota
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Sumarlin/Telisik

" Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengaku, tidak mempersoalkan posisi Kota Kendari saat ini apakah level 1 maupun level 2, karena baginya protokol kesehatan harus tetap diterapkan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 54 tahun 2021, menyebutkan Kota Kendari masih berada pada level 2 bersama sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengaku, tidak mempersoalkan posisi Kota Kendari saat ini apakah level 1 maupun level 2, karena baginya protokol kesehatan harus tetap diterapkan.

"Kalaupun tidak, saya kira situasi dan kondisinya kita yang lebih tau seperti apapun kebijakan dan tindakannya nanti, kuncinya ada di kita bagaimana merespon dan bagaimana berprilaku," ungkapnya.

Wali Kota mengakui, jika Kota Kendari masih berada di level 2 karena kondisinya sebagai ibu kota, sehingga menjadi interland beberapa wilayah yang masih berada pada level 2 dan level 3.

Baca juga: RPJMD Segera Berakhir, Bappeda Lakukan Percepatan Agar Tak Ada Tunggakan

Baca juga: Perpanjangan SIM Dapat Dilakukan di Mana Saja, Begini Caranya

Dia mencontohkan, DKI Jakarta yang masih berada pada level 3 karena wilayah di sekitarnya masih berada pada level yang sama.

"Kalaupun kita masih tertahan di level 2 dan belum turun level 1, karena situasi dan kondisi wilayah yang ada di sekitar Kota Kendari yang harus frekuensinya sama dulu," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Tentang tambahan dua kasus positif COVID-19 yang baru, wali kota menuturkan, saat ini sudah dilakukan perawatan berupa isolasi mandiri karena kondisinya cukup ringan.

Data satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kendari hingga Senin (18/10/2021), masih tersisa dua  kasus COVID-19. Sehingga satu kelurahan di Kecamatan Puuwatu berubah menjadi kuning.

Jubir Satgas COVID-19 Kota Kendari, dr Alghazali Amirullah mengingatkan semua pihak agar menaati protokol kesehatan, sebagai bentuk kewaspadaan adanya kasus baru.

"Protokol kesehatan harus selalu dilakukan dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari, sehingga tidak terjadi kembali lonjakan kasus seperti pada gelombang kedua," ungkap dr Alghazali.

Sedangkan untuk vaksinasi hingga 18 Oktober 2021, persentase vaksinasi di Kota Kendari sebesar 61,46 persen sedangkan untuk lansia sebesar 56,03 persen. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga