Kendari Produksi Sampah 260 Ton Per Hari

Musdar, telisik indonesia
Senin, 22 Februari 2021
0 dilihat
Kendari Produksi Sampah 260 Ton Per Hari
TPA Sampah Kota Kendari. Foto: Musdar/Telisik

" Sebelum pandemi banyak dari rumah makan, restoran dan hotel. "

KENDARI, TELISIK.ID - Volume sampah yang diproduksi masyarakat Kota Kendari mencapai 260 ton per hari. Jumlah tersebut mayoritas bersumber dari rumah tangga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Nismawati mengungkapkan, selama pandemi COVID-19 sampah rumah tangga mendominasi dibanding sebelum pandemi.

"Sebelum pandemi banyak dari rumah makan, restoran dan hote," kata Nismawati, Senin (22/2/2021).

Untuk mengangkut 260 ton sampah itu, DLHK menyiapkan puluhan mobil armada truk pengangkut sampah dan personelnya yang sudah dibagi dalam beberapa sif.

Nismawati mengatakan, sekitar pukul 03.00 hingga 05.00 Wita, 38 mobil sudah begerak mengangkut sampah di setiap Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara.

Baca juga: Gelombang Tinggi Sebabkan Harga Ikan di Kendari Melonjak Stok Berkurang

Kemudian pukuln06.00-07.00 Wita mobil bergerak di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

"Setelah dari TPA, sekitar 15 sampai mobil truk kembali ke TPS untuk putaran kedua. Memang kita sudah ada jadwalnya di kantor," kata Nismawati.

Selanjutnya sekitar pukul 13.00 Wita, 16 truk kembali mengangkut sampah di TPS.

"Jadi kalau saya hitung-hitung sampah di Kota Kendari yang terangkut dari 260 ton yang diproduksi sudah tertangani 80 persen," sebut mantan Kadis Pangan ini.

Sementara itu, untuk sampah yang tidak tertangani, Nismawati berharap dengan kerjasama yang dibangun di beberapa lembaga, 260 ton sampah yang diproduksi setiap hari dapat tertangani hingga 100 persen. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga