Ini Fungsi Sayap Parpol dan Kontribusinya

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 09 Mei 2023
0 dilihat
Ini Fungsi Sayap Parpol dan Kontribusinya
Repdem bersama PDIP Sulawesi Tenggara (kiri) dan GMPI ikut serta dalam kegiatan PPP Sulawesi Tenggara (kanan). Foto: Ist.

" Ada puluhan organisasi sayap partai yang dibentuk oleh partai politik itu sendiri, lalu apa saja fungsi dan kontribusinya? "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada puluhan organisasi sayap partai yang dibentuk oleh partai politik itu sendiri, lalu apa saja fungsi dan kontribusinya?

Sayap partai merupakan organisasi yang dibentuk oleh partai politik dan beranggotakan kebanyakan generasi milenial. Dengan keikutsertaannya terhadap kegiatan partai politik, diperkirakan bisa menjadi ujung tombak pemenangan pemilu.

Dari beberapa organisasi sayap partai yang ada di Kota Kendari, Telisik.id memperoleh informasi dari PDIP yaitu Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) dan PBB yaitu Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI).

Baca Juga: Gelar Paripurna HUT ke-192 Kota Kendari, Pemkot Beber Sejumlah Prestasi

Kedua sayap partai tersebut didominasi dengan kader muda atau generasi milenial yang mulai berkecimpung di dunia politik. Tak tanggung-tanggung ternyata organisasi sayap partai turut aktif dalam mensosialisasikan partai naungannya.

Tak hanya itu, mereka juga ikut serta dalam meningkatkan elektabilitas partai melalui kegiatan dengan sasaran generasi milenial dengan memanfaatkan kegiatan, seperti seminar dan aktif di sosial media.

Ketua GMPI Sulawesi Tenggara, Ferdyansyah menjelaskan, keberadaan mereka tak sekedar membantu kegiatan partai namun memiliki sumbangsih terhadap partai dengan mengutus kader muda untuk maju di Pemilu 2024.

“Pada pertarungan pemilu 2024 nanti, kami menyumbang kader terbaik yang aktif di GMPI untuk pemilihan legislatif tingkat Kabupaten/Kota maupun provinsi. Tentunya ini juga salah satu cara meningkatkan elektabilitas partai dengan sasaran yang tepat,” ungkapnya, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: Iwan Fals dan Pejabat Daerah Nyanyikan Lagu Tana Wolio di HUT ke-59 Sulawesi Tenggara

Selain itu, Sekretaris Repdem Sulawesi Tenggara, Adi Maliano mengatakan, jika sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh anggotanya dan memiliki manfaat untuk masyarakat. Ia percaya hal ini bisa menambah kredibilitas partai.

“Tentunya berdirinya organisasi kami bukan tanpa alasan. Fungsi dan kontribusinya juga sudah dirasakan oleh partai tempat kami bernaung. Sekarang ini kami fokus untuk mengutus generasi milenial untuk bersama partai diutus pada Pemilu 2024 nanti," ucapnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga