Kepala Desa Terpilih di Kolaka Timur Tuntas Dilantik

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Kepala Desa Terpilih di Kolaka Timur Tuntas Dilantik
Pelantikan kepala desa terpilih se-Kecamatan Mowewe, Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Kepala desa yang terpilih sekaligus dilantik definitif bisa mengelola dana desa secara baik dan transparan "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - 83 kepala desa (kades) hasil pemilihan serentak di Kabupaten Kolaka Timur, tuntas dilantik di masing-masing kecamatan oleh Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis.

Abdul Azis menegaskan agar kepala desa yang terpilih sekaligus dilantik definitif bisa mengelola dana desa secara baik dan transparan.

"Selalu jaga kebersamaan dan persatuan di desa masing-masing, karena itu adalah aset terbesar di Kolaka Timur," ucapnya, Senin (13/2/2023).

Abdul Azis menyampaikan, kepala desa yang baru terpilih dan dilantik agar dapat menjalankan pemerintahan lebih baik dari pemerintahan sebelumnya, dan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat perlu ditingkatkan.

Pelantikan kepala desa terpilih se-Kecamatan Mowewe, Kolaka Timur.  Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

"Terutama dalam pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa agar jauh lebih baik dan transparan sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku," tambahnya.

Azis menambahkan, proses demokrasi pemilihan desa yang terlaksana di Kabupaten Kolaka Timur itu sudah berakhir, saat ini masuk pada fase persatuan dan kesatuan.

Baca Juga: PSU Pilkades 4 Desa dan Pelantikan Kades Terpilih Dilakukan dalam Waktu Dekat

Azis mengaskan setelah pelantikan, agar kepala desa terpilih harus menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa yang jadi kewajiban dan keharusan.

"Paling lambat 3 bulan harus sudah membuat," tegasnya.

Ia juga berpesan kepada kepala desa yang baru saja dilantik, ini bukan kegembiraan atau hadian yang mereka dapatkan.

"Tapi ini adalah beban karena ada amanah yang harus mereka jalankan sebagai kepala desa," ujarnya.

Azis berharap agar semua kepala desa dapat memberikan pelayanan yang optimal serta memberikan langkah-langkah yang membuat desa ini maju, mandiri serta masyarakat yang sejahtera, makmur, sentosa.

Baca Juga: Julita Kepala Desa Termuda di Kolaka Timur

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Irwan kara mengatakan, kepada para kepala desa yang baru saja dilantik semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

"Semoga kepala desa dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat yang ada di desa masing-masing," ujarnya.

Ia juga menambahkan, rencananya DPMD akan menggelar bimbingan teknis para kepala desa supaya mereka kades baru bisa mengerti dan paham mengelola dana desa. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga