Kerap Jadi Trend, Ternyata Ini Efek Samping Mewarnai Rambut

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 18 Januari 2024
0 dilihat
Kerap Jadi Trend, Ternyata Ini Efek Samping Mewarnai Rambut
Salah satu efek samping yang jarang disadari adalah potensi reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam semir rambut. Foto: Repro Alodokter

" Pada era di mana tren kecantikan terus berkembang, mewarnai rambut menjadi solusi cepat untuk mengubah penampilan. Namun, di balik kilau indah yang dihasilkan oleh mewarnai rambut, terdapat sejumlah efek samping yang jarang diketahui oleh banyak orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Pada era di mana tren kecantikan terus berkembang, mewarnai rambut menjadi solusi cepat untuk mengubah penampilan. Namun, di balik kilau indah yang dihasilkan oleh mewarnai rambut, terdapat sejumlah efek samping yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Salah satu efek samping yang jarang disadari adalah potensi reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam semir rambut.

Beberapa orang mungkin mengalami iritasi kulit, gatal, atau bahkan pembengkakan setelah mengaplikasikan produk semir tertentu.

Dilansir dari Hallodoc.com, salah satu efek sampingnya adalah bila menggunakan produk dengan bahan kimia kuat, sehingga melemahkan akar rambut atau malah bisa membuat kulit kepala mengalami iritasi.

Baca Juga: Ini Deretan Tokoh Politik yang Ketahuan Kuat Selingkuh, Ada Calon Presiden

Semir rambut bila tidak diiringi dengan perawatan signifikan juga bisa membuat rambut cepat rusak, terutama bila rambut terlalu sering disemir.

Selain itu, dikutip Republika.co.id, berikut beberapa bahaya mewarnai rambut yang diantaranya:

- Kanker

Sesuai American Cancer Society, ada banyak penelitian tentang kaitan antara pewarna rambut dan kanker. Ini karena pewarna rambut mengandung bahan kimia yang dapat menembus kulit Anda melalui rambut.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Alami Body Shaming hingga Asi Berkurang

- Infeksi Mata

Ada alasan mengapa setiap paket warna rambut menyatakan peringatan 'jauhkan dari kontak mata'. Jika pewarna rambut masuk ke mata Anda secara kebetulan, mereka dapat menyebabkan peradangan, mata merah, mata berair atau bahkan konjungtivitis.

- Gangguan Pernapasan

Karena pewarna rambut mengandung persulfat, dapat menyebabkan masalah pernapasan bahkan pada mereka yang bukan penderita asma. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga