Kery Instruksikan Guru Tanamkan Cinta Kebangsaan dan Moral Bagi Peserta Didik

Aris Syam, telisik indonesia
Minggu, 22 Mei 2022
0 dilihat
Kery Instruksikan Guru Tanamkan Cinta Kebangsaan dan Moral Bagi Peserta Didik
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat diwawancarai awak media. Foto: Aris Syam/Telisik

" Dulu kita melihat wajah guru saja sudah segan, membungkuk ketika lewat di depannya, namun sekarang rasa hormat kepada guru mulai berkurang "

KONAWE, TELISIK.ID - Guna menciptakan generasi muda yang bermoral tinggi, beriman, berakhlak mulia, taat hukum serta cinta kebangsaan Indonesia, diperlukan peran guru agar menanamkan sifat itu kepada para muridnya di satuan pendidikan.

Hal itu diungkapkan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat membuka kegiatan Jambore Kwartir Cabang Konawe beberapa hari lalu.

Kery mengatakan, melihat fonomena yang terjadi saat ini seiring zaman era globalisasi, banyak generasi muda kita yang sudah berperilaku kontradiktif dengan nilai-nilai karakter bangsa yang kita miliki.

Sikap menghormati guru kini mulai memudar dibandingkan zaman dahulu, serta banyak generasi muda kita yang melanggar aturan hukum dengan menciptakan berbagai keresahan dan masalah di lingkungan sekitarnya seperti aksi pembusuran yang kini marak terjadi.

"Dulu kita melihat wajah guru saja sudah segan, membungkuk ketika lewat di depannya, namun sekarang rasa hormat kepada guru mulai berkurang. Padahal mereka yang sangat berjasa dalam memberikan kita pengetahuan dan ilmu sebagai bekal di kemudikan hari," kata Kery.

Baca Juga: 273 Calon Kepala Desa Bertarung Hari Ini, Perebutkan 86 Kursi Kades

Olehnya itu, untuk mengembalikan rasa cinta kebangsaan dan bermoral tinggi, orang nomor satu di Konawe itu menginstruksikan kepada tenaga pendidik di satuan pendidikan baik SD dan SMP, agar berperan penting dalam mendidik anak-anak kita menjadi generasi muda yang handal dan dapat membangun daerah maupun bangsa kita.

Baca Juga: Buntut Tolak SK Mendagri, Muna Barat dan Buton Selatan Dipimpin Plh

"Caranya mudah, sebelum proses belajar, lagu-lagu kebangsaan harus dinyanyikan sebagai bentuk menanamkan jiwa bahwa kita cinta Indonesia dan menceritakan kepada mereka bagaimana perjuangan pahlawan kita dahulu berjuang gagah berani untuk merebut daerah/bangsa kita ini dari tangan para penjajah sehingga merdeka," imbuhnya.

Sehingga dengan demikian, lanjut Kery, anak-anak kita akan terbentuk karakter dan mental yang kuat sejak dini dalam mengendepankan nilai-nilai bangsa sebagai generasi penerus bangsa.

"Untuk anak-anak yang saya cintai, jadikanlah sekolah sebagai sarana menuntut ilmu, menghormati guru serta menambah jiwa cinta kabangsaan Indonesia dan berbudi pekerti," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga