Kery Perintahkan Inpektorat Segera Periksa Pengelolaan DD di Konawe

Aris Syam, telisik indonesia
Minggu, 05 Juni 2022
0 dilihat
Kery Perintahkan Inpektorat Segera Periksa Pengelolaan DD di Konawe
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Sekda Ferdinan Sapan. Foto: Aris Syam/Telisik

" Kery mengatakan, sebelumnya ia telah memberikan instruksi pemeriksaan DD itu kepada pihak Inpektorat Konawe dan tinggal menunggu hasil laporannya "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menginstruksikan kepada pihak Inpektorat agar segera melakukan pemeriksaan terkait pengelolaan Dana Desa (DD) se-Kabupaten Konawe.

Hal itu disampaikan Bupati Konawe dalam kegiatan penyerahan Surat Keputusan (SK) pensiun bertempat di Pendopo Kantor Bupati Konawe, Senin (30/5/2022).

Kery mengatakan, sebelumnya ia telah memberikan instruksi pemeriksaan DD itu kepada pihak Inpektorat Konawe dan tinggal menunggu hasil laporannya.

"Nanti saya mau ketemu langsung dengan Inpektorat, sudah berapa desa yang diperiksa," tegasnya.

Bupati Konawe dua periode itu menambahkan, hal itu dilakukan agar dirinya dapat mengetahui dana bantuan dari pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi desa itu sudah digunakan sesuai peruntukannya.

"DD itu untuk kepentingan rakyat kita, demi meningkatkan roda perekonomian dan kesejahteraan mereka," imbuhnya.

Olehnya itu, Kery meminta kepada pihak Inpektorat agar secepatnya melakukan pemeriksaan langsung terhadap DD yang dikelola pemerintah desa.

"Supaya kita bisa tahu DD itu terpakai sesuai peruntukannya atau tidak. Makanya kita butuh hasil pemeriksaan Inspektorat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Inpektorat Konawe Rebiansyah Halip menjelaskan, sesuai arahan Bupati Konawe, pihaknya telah melakukan pemeriksaan pengelolaan DD.

Baca Juga: CJH Muna Disuntik Anti Flu

"Yang kita periksa terkait kinerja dalam mengelola keuangan DD, digunakan untuk apa.dan sampai mana tahap pengelolaan keuangannya," jelas Rebiansyah saat dikonfirmasi, Minggu (5/6/2022).

Bahkan hingga saat ini, kata Rebiansyah, pihaknya telah memeriksa sekitar 90 desa dari 291 desa yang ada di Kabupaten Konawe itu.

Baca Juga: Lembaga Survei JSN: Elektabilitas Golkar Bombana di Urutan Kedua

Rebiansyah juga mengakui, dalam pemeriksaan DD tersebut, pihaknya melakukan secara bertahap atau per desa dan tidak secara keseluruhan, dikarenakan  Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki terbatas.

"Karena SDM kita juga terbatas, jadi kita sistem periksanya pertahap," tandasnya. (B-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga