Kery Saiful Konggoasa Kukuhkan TPAKD Kabupaten Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
Kery Saiful Konggoasa Kukuhkan TPAKD Kabupaten Konawe
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa kukuhkan TPAKD. Foto: Ist.

" Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) kukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), di aula BKPSDM, Selasa (14/2/2023) "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) kukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), di aula BKPSDM, Selasa (14/2/2023).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten II Pemprov Sulawesi Tenggara, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sulawesi Tenggara, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Sulawesi Tenggara, beserta para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe.

Kery Saiful Konggoasa memberikan apresiasi kepada Tim TPAKD Sulawesi Tenggara dan terkhusus OJK dan Biro Keuangan Setda pemprov yang telah mendorong percepatan pembentukan dan pengukuhan TPAKD Konawe.

Baca Juga: Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara Gelar Program BIPA di Konawe

“Selain itu, kami juga mengapresiasi kepada Kepala Perwakilan BI Sulawesi Tenggara atas perkenaannya untuk bersama-sama bersinergi mendorong terlaksananya rapat pembahasan program tim percepatan perluasan digitalisasi daerah,” ucapnya.

Bupati Konawe saat mengukuhkan TPAKD Kabupaten KonaweFoto : Ist.

 

KSK berharap lembaga jasa industri keuangan yang ada di wilayah Kabupaten Konawe dapat mendorong dan memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk para pelaku UMKM.

KSK juga menjelaskan, TPAKD dibentuk sebagai forum koordinasi antara instansi dan stakeholder terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Saya ingin ada peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di wilayah Kabupaten Konawe sampai di pelosok desa," tambahnya.

Di akhir sambutannya, bupati dua periode itu menyampaikan, mewakili pemerintah daerah, dirinya sangat menyambut baik program tersebut.

Bupati Konawe saat memberikan sambutan dalam kegiatan pengukuhan TPAKD Kabupaten KonaweFoto : Ist.

 

“Sehingga kita semua dapat berperan aktif untuk mempercepat pencapaian Kabupaten Konawe sebagai kabupaten digital tahun 2023,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor OJK Sulawesi Tenggara, Arjaya Dwi Raya menyampaikan, TPAKD akan memberikan akses seluas-luasnya pada masyarakat dan pelaku usaha yang ada di Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Ternak di Konawe Kepulauan Mulai Divaksin PMK

"Sehingga mereka lebih cepat mendapatkan akses pembiayaan dari industri keuangan," ungkapnya.

Bupati Konawe dalam kegiatan pengukuhan TPAKD Kabupaten KonaweFoto : Ist.

 

Ia menjelaskan, inklusi sesuai target Presiden 90 persen di 2024 dan literasi yang targetnya 50 persen saat ini. Di Sulawesi Tenggara sendiri masih 31 persen untuk peningkatan literasi dan inklusi.

"Capaian targetnya nanti kita lihat, kalau sekarang kan baru mulai, nanti kita ada program- program. Saya berharap tiap tahun itu inklusi dan literasi meningkat sesuai target presiden," harapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga