Ketahui Urutan Penggunaan Skincare yang Benar dan Manfaatnya

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 21 Desember 2023
0 dilihat
Ketahui Urutan Penggunaan Skincare yang Benar dan Manfaatnya
Tujuan dari rutinitas skincare adalah untuk menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan melindungi dari berbagai masalah kulit. Foto: Repro Klikdokter.com

" Tujuan dari rutinitas skincare adalah untuk menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan melindungi dari berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, jerawat, hiperpigmentasi, dan kekeringan "

KENDARI, TELISIK.ID - Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian praktik dan produk yang dirancang untuk merawat dan meningkatkan kesehatan kulit.

Tujuan dari rutinitas skincare adalah untuk menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan melindungi dari berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, jerawat, hiperpigmentasi, dan kekeringan. Skincare melibatkan penggunaan produk perawatan kulit yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik kulit seseorang.

Rutinitas skincare umumnya melibatkan beberapa langkah dasar, seperti pembersihan wajah, penggunaan toner, serum, pelembap, dan tabir surya. Produk skincare dapat mengandung berbagai bahan aktif seperti antioksidan, asam-hialuronat, retinol, dan lainnya, yang memiliki manfaat tertentu untuk kulit.

Urutan penggunaan skincare yang benar dapat membantu memaksimalkan manfaat produk dan menjaga kesehatan kulit. Berikut adalah urutan umum penggunaan skincare:

• Pembersih Wajah: Mulai dengan membersihkan wajah untuk menghapus kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup. Gunakan pembersih sesuai dengan jenis kulit Anda.

• Toner: Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan menyiapkan kulit untuk langkah-langkah perawatan selanjutnya.

• Serum: Aplikasikan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, seperti serum anti-aging, vitamin C, atau hydrating serum. Serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi.

• Pelembap (Moisturizer): Oleskan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit. Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit Anda.

• Sunscreen (Tabir Surya): Pagi hari, terapkan tabir surya sebagai langkah terakhir pada rutinitas perawatan kulit Anda, bahkan jika Anda tidak berencana keluar rumah. Perlindungan dari sinar UV sangat penting.

Baca Juga: Kulit Glowing Tanpa Skincare Ala Dokter Zaidul Akbar, Cukup Konsumsi Ini

Selain langkah-langkah di atas, perlu diingat beberapa hal:

• Eksfoliasi: Gunakan produk eksfoliasi (jika Anda menggunakannya) sekitar 1-2 kali seminggu setelah pembersihan wajah, sebelum toner.

• Produk Pengobatan Khusus: Jika Anda menggunakan produk pengobatan khusus seperti krim perawatan jerawat atau obat resep dokter, terapkan setelah serum.

• Mata: Jika Anda menggunakan krim mata atau produk perawatan mata lainnya, terapkan setelah serum, sebelum pelembap.

Tentu saja, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kulit yang berbeda, dan beberapa langkah dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan pribadi. Jika ada keraguan, konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk saran yang lebih spesifik.

Dilansir dari Astronauts.id dan Nivea.co.id, berikut beberapa manfaat penggunaan skincare yang rutin:

1. Mencerahkan Kulit

Penggunaan skincare dapat menghindari kulit wajah yang kusam. Penggunaan skincare yang rutin, dapat membuat wajah terhidrasi dan ternutrisi dengan baik, sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah dan terawat.

2. Terhindar dari Berbagai Masalah Kulit

Jika kamu tidak rutin dalam penggunaan skincare, debu dan kotoran akan menumpuk pada wajah yang nantinya akan menimbulkan jerawat, komedo, serta wajah yang kusam. Jadi, penggunaan skincare secara rutin dapat menghilangkan zat-zat yang berdampak buruk bagi kulit, sehingga terhindar dari permasalahan kulit wajah. 

3. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Dengan menggunakan skincare secara rutin, otomatis kebersihan kulit akan terjaga sehingga wajah terlihat lebih bersih dan sehat.

• Memunculkan Kebiasaan Baik atau Pola Hidup Sehat

Melakukan perawatan kulit sejak dini, akan membantu menumbuhkan kebiasaan melakukan pola hidup sehat atau melakukan sebuah rutinitas kesehatan lainnya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Alat Kosmetik dan Skincare Mengandung Bahan Berbahaya

Setelah terbiasa merawat kulit wajah dan melihat dampak positif yang muncul seperti seperti kulit wajah menjadi sehat dan bebas jerawat, hal ini tentu saja bisa menimbulkan motivasi baru untuk melakukan perawatan tubuh lainnya dan akan menumbuhkan kesadaran pentingnya menjalani pola hidup sehat.

• Menutrisi Kulit

Manfaat pakai skincare sesuai umur yang dilakukan sejak usia dini tentu saja dapat memberikan nutrisi kulit. 

Beragam kandungan yang terdapat di dalam skincare, seperti kolagen, vitamin C, AHA atau kandungan vitamin lainnya, bisa membantu mengencangkan kulit, melembapkan, serta membantu menetralisir radikal bebas pada kulit. hyaluronic acid yang dapat melembabkan, serta AHA BHA yang mampu mencerahkan kulit. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga