Ketua DPD Siap Perjuangkan Peningkatan Status STIP jadi Universitas

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 20 November 2021
0 dilihat
Ketua DPD Siap Perjuangkan Peningkatan Status STIP jadi Universitas
Bupati Muna, LM Rusman Emba memberikan cendramata kepada Ketua DPD-RI, La Nyalla Mattalitti. Foto: Sunaryo/Telisik

" Bupati Muna, LM Rusman Emba tidak menyia-nyiakan kunjungan Ketua DPD-RI, La Nyalla Mattalitti di Bumi Sowite selama tiga hari "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba tidak menyia-nyiakan kunjungan Ketua DPD-RI, La Nyalla Mattalitti di Bumi Sowite selama tiga hari.  

Rusman meminta pada Ketua DPD untuk membantu peningatan status Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna menjadi universitas. Kata Rusman, selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sudah berjuang untuk itu, namun tekendala pada moratorium.

"Saat ini moratorium sudah dicabut. Kita sangat berharap dukungan dari ketua dan anggota DPD agar bisa mewujudkan adanya universitas," kata Rusman, Sabtu (20/11/2021).

Mantan Senator DPD-RI itu mengaku, berdirinya universitas sangat dibutuhkan bagi daerah. Karena selama ini sekitar 80 persen masyarakat Muna harus ke luar daerah, ke Kota Kendari atau Baubau untuk kuliah.

Baca Juga: Tidak Ada Jadwal, Kapal Feri di Amolengo-Labuan Beroperasi Non Stop

Baca Juga: Puluhan Nelayan di Kolut Tutup Akses Jalan di Lokasi Pembangunan Bandara

"Saya yakin Pak Ketua dan anggota DPD dapat merealisasikan peningkatan status itu, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengenyam pendidikan di luar daerah," ujarnya.

Bak gayung bersambut, La Nyalla berkomitmen akan membantu usulan peningkatan status STIP Wuna menjadi universitas. Kini, Pemkab diminta untuk bersurat secara resmi. Nanti, Komite I yang akan membahasnya.

"Kita membuka diri terhadap Pemkab Muna. Selama ini, saya sudah berhasil memperjuangkan peningkatan 9 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) menjadi Universitas Islam. Insya Allah, STIP Wuna juga bisa terwujud," janjinya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga