Kilas Balik Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni, Simak Deretan Peristiwa Penting dan Tokoh-Tokoh Paling Berpengaruh

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 04 Juni 2024
0 dilihat
Kilas Balik Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni, Simak Deretan Peristiwa Penting dan Tokoh-Tokoh  Paling Berpengaruh
Sebagai manusia yang paling dekat dengan alam, menjaga lingkungan adalah suatu kewajiban demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang. Foto: Repro Istokphoto

" Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni, hingga deretan kilas balik momen dan sosok paling berpengaruh bagi perlindungan alam dan planet Bumi "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni, hingga deretan kilas balik momen dan sosok paling berpengaruh bagi perlindungan alam dan planet Bumi.

Sejarah dan Makna Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia.

Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan, bersumber dari wikipedia.org.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia yang berlangsung antara tanggal 5-16 Juni 1972 di Stockholm.

Baca Juga: Bom Waktu Perang Dunia ke-3, Putin Menang Telak di Ukraina dan Amerika Beri Restu Serang Rusia

Partisipasi Tokoh dan Media dalam Perayaan

Berbagai media dan selebriti mendorong Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan cara mendukung dan berpartisipasi di dalamnya.

Para duta yang berkehendak baik dari Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP), termasuk supermodel Gisele Bündchen, mengirimkan pesan peringatan ke seluruh dunia agar mengambil tindakan dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014 dengan cara bergabung dalam salah satu tim mereka untuk mengatasi perubahan iklim.

Panggilan mereka untuk bertindak, "Pesan dalam Botol", meminta setiap orang di seluruh dunia untuk bergabung dengan salah satu tim selebriti dan membuat suatu perbedaan dengan berjanji untuk mengambil tindakan dalam mendukung Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang berpuncak secara global pada tanggal 5 Juni 2014.

Kampanye Lingkungan di Berbagai Negara

Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni 2015, Perdana Menteri India Narendra Modi menanam sebuah pohon di kediaman resminya di Race Course Road 7, Kerala.

Community Radio Stations (CRS) di seluruh Nepal meluncurkan kampanye terkait hal ini. Semua siaran sela pada radio dan televisi nasional diganti dengan beragam informasi dan slogan tentang lingkungan hidup.

Pemerintah Nepal melansir berbagai program kerja sama dengan UNESCO, mengirimkan Tentara Gurkha dari barak mereka ke jalan untuk membersihkan lingkungan dan mendukung program penghijauan di mana semua personel media juga berkumpul untuk meliputnya secara langsung.

Inisiatif Media untuk Lingkungan

Zee News meluncurkan kampanye 'My Earth, My Duty’ (Bumiku, Kewajibanku). Kampanye ini tercatat dalam Limca Book of Records atas suatu upaya baru yang dilakukannya: menanam lebih dari 7,3 juta pohon dalam satu hari di 34 kota dan 250 ribu desa pada tanggal 25 Agustus 2010. NDTV meluncurkan Kampanye "Greenathon" pada tahun 2008 dan menjadi kampanye pertama di India yang berskala nasional untuk menyelamatkan lingkungan hidup.

Makna Peringatan dan Kesadaran Global

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi momentum untuk mengingatkan manusia agar selalu menjaga alam sekitar. Seperti yang kita tahu, sekarang sedang santer terdengar permasalahan lingkungan yang terjadi di dunia seperti, pemanasan global, pencemaran, polusi dan lainnya.

Sebagai manusia yang paling dekat dengan alam, menjaga lingkungan adalah suatu kewajiban demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

Peristiwa Bersejarah pada Tanggal 5 Juni

Selain perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tanggal 5 Juni juga mencatat berbagai peristiwa bersejarah yang penting di berbagai bidang, dilansir dari okezonews.com.

Kelahiran Adam Smith pada Tahun 1723

Pada tanggal 5 Juni 1723, lahir John Adam Smith, seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Karyanya yang terkenal adalah buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations).

Buku ini adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme.

Adam Smith adalah salah satu pelopor sistem ekonomi Kapitalisme. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19 mulai terkenal di sana.

Perang Enam Hari antara Israel dan Negara Arab pada Tahun 1967

Perang antara Israel dan tiga negara Arab jirannya, yakni Mesir (kala itu bernama Republik Arab Bersatu), Yordania, dan Suriah, berlangsung dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 10 bulan Juni 1967.

Hubungan antara Israel dan negara-negara jirannya tidak kunjung membaik selepas Perang Arab-Israel 1948. Pada tahun 1956, Israel menginvasi Semenanjung Sinai, dengan salah satu tujuan untuk membuka kembali Selat Tiran yang ditutup bagi industri pelayaran Israel oleh Mesir sejak tahun 1950. Israel dapat didesak mundur, tetapi berhasil memaksa Mesir menjamin keleluasaan kapal-kapal Israel untuk berlalu-lalang di Selat Tiran.

Meskipun Pasukan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa ditempatkan di sepanjang tapal batas kedua negara, tidak ada kesepakatan demiliterisasi.

Penembakan Senator Robert Kennedy pada Tahun 1968

Robert Francis "Bobby" Kennedy, lahir di Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat, pada tanggal 20 November 1925, meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada tanggal 6 Juni 1968 pada umur 42 tahun.

Dirinya yang juga dipanggil "RFK", adalah salah satu dari adik laki-laki presiden Amerika Serikat John F Kennedy, dan ditunjuk oleh kakaknya untuk menjadi Jaksa Agung dalam pemerintahannya.

Baca Juga: Grup Idol NCT Promosikan Starbucks Produk Israel di Tengah Konflik Palestina

Sebagai salah satu penasehat Presiden Kennedy yang paling tepercaya, ia bekerja erat dengan JFK selama Invasi Teluk Babi dan Krisis Misil Kuba. Pada 1964, setelah kematian kakaknya, ia dipilih menjadi senator dari negara bagian New York.

Ia dibunuh tidak lama setelah berpidato merayakan kemenangannya dalam pemilihan pendahuluan kepresidenan 1968 di California di depan Hotel Ambassador di Los Angeles, California.

Pengakuan AIDS untuk Pertama Kalinya pada Tahun 1981

AIDS pertama kali dilaporkan pada tanggal 5 Juni 1981, ketika Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat mencatat adanya Pneumonia pneumosistis, (sekarang masih diklasifikasikan sebagai PCP tetapi diketahui disebabkan oleh Pneumocystis jirovecii) pada lima laki-laki homoseksual di Los Angeles.

Dua spesies HIV yang diketahui menginfeksi manusia adalah HIV-1 dan HIV-2. HIV-1 lebih mematikan dan lebih mudah masuk kedalam tubuh. HIV-1 adalah sumber dari mayoritas infeksi HIV di dunia, sementara HIV-2 sulit dimasukan dan kebanyakan berada di Afrika Barat. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga