Kini Tak Lagi Gelap, 117 Unit Lampu Jalan Tersebar di Desa Mantowu Buton

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 25 Januari 2024
0 dilihat
Kini Tak Lagi Gelap, 117 Unit Lampu Jalan Tersebar di Desa Mantowu Buton
Suasana saat malam hari usai terpasanya penerang jalan umum di Desa Mantowu, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Foto: Ist.

" Desa Mantowu, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya memiliki penerangan jalan umum di malam hari dengan selesainya pemasangan 117 unit Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) "

BUTON, TELISIK.ID - Desa Mantowu, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya memiliki penerangan jalan umum di malam hari dengan selesainya pemasangan 117 unit Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS).

Kepala Desa Mantowu, Sapril mengaku PJU-TS merupakan corporate social responsibility (CSR) dari Pembakit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Winning.

Ia mengaku, CSR yang diberikan oleh perusahaan berupa sebuah barang, namun atas musyawara bersama BPD dan masyarakat akhirnya disepakati lampu penerang jalan.

Baca Juga: Tujuh Hari Hilang, Nelayan di Buton Belum Ditemukan

"Saya sangat mengupresiasi kepada pihak PLTM Winning yang terus memberikan CSR nya kapada warga setempat. Ini sangat membantu masyarakat, dan merubah wajah desa yang dulunya suram pada malam hari, kini terang beneran," jelasnya penuh bahagia, Kamis (25/1/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, selain PJU-TS, Desa Mantowu juga mendapatkan CSR berupa bantuan renovasi kamar mandi dan tempat wudhu masjid Desa Mantowu.

Kades muda ini berharap, dengan telah dibangunnya PJU-TS dan sarana prasarana lainnya dapat menjadi pemicu agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat.

“Kami harapkan infrastruktur yang telah di bangun ini dapat dikelola dan dipelihara oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama,” pungkasnya.

Baca Juga: 30 Mahasiswa Dapat Bantuan Beasiswa Buton Cerdas

Warga setempat, Hardia mengaku, sangat merasa terbantu dan berterimakasih kepada pihak perusahaan. Sebab kini warga tidak perlu khawatir ketika saat malam hari, karena setiap jalan sudah memiliki penerang.

"Kami sangat bersyukur, dengan adanya lampu jalan dan bantuan renovasi kamar mandi ini sangat memudahkan kami," ucap Hardia.

Hardiah mengaku, kini desanya sudah banyak memiliki perubahan, tentu saja perubahan ini tidak terlepas dari peran serta pemerintah desa dan juga masyarakat setempat. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga