Kisah Mualaf Deddy Corbuzier, 7 Tahun Belajar Islam

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Kisah Mualaf Deddy Corbuzier, 7 Tahun Belajar Islam
Deddy Corbuzier dibimbing untuk mengucap dua kalimat syahadat oleh Gus Miftah. Foto: Repro Jawapos.com

" Deddy Corbuzier mempelajari Islam dengan sangat serius sekitar 7 tahun, sebelum akhirnya memutuskan menjadi mualaf "

KENDARI, TELISIK.ID - Bukan rahasia lagi artis sekaligus mantan pesulap Deddy Corbuzier merupakan seorang mualaf. Keputusannya memeluk Islam 2019 lalu itu sempat menghebohkan publik.

Dilansir dari Viva.co.id, ia diketahui telah mengucap dua kalimat syahadat di Pondok Pesantren Ora Aji, Yogyakarta, pada Jumat, 21 Juni 2019. Saat itu, Deddy Corbuzier dibimbing untuk mengucap dua kalimat syahadat oleh Gus Miftah yang sekaligus menjadi gurunya selama ini.

Setelah mengucap syahadat dengan lancar, Deddy Corbuzier pun mendapatkan banyak pujian dari publik termasuk rekan-rekan selebriti. Mengingat kembali ke masa-masa awal suami Sabrina Chairunnisa menjadi mualaf, Denny Sumargo sempat dibuat penasaran dengan alasan keputusannya itu.

Pasalnya, Deddy Corbuzier nampak cukup taat dalam menjalankan ibadah di agama sebelumnya hingga tiba-tiba mulai suka mempelajari agama Islam.

“Dasar apa kemudian yang akhirnya lu bisa jadi mualaf?" tanya Denny Sumargo, mengutip YouTube Short @shortsssss.

Deddy Corbuzier pun menjelaskan bahwa agama Islam ini merupakan pilihan dari dalam hatinya sendiri. Sementara agama sebelumnya merupakan pemberian dari kedua orang tuanya yang menganut keyakinan yang sama.

Baca Juga: Wanita di Kendari Putuskan Masuk Islam, Tumbuh di Keluarga Toleransi Beragama

Belajar Islam 7 Tahun

Dikutip dari Jawapos.com, ia memutuskan menjadi mualaf lantaran merasa yakin dengan agama Islam. Deddy Corbuzier mempelajarinya dengan sangat serius sekitar 7 tahun sebelum akhirnya dia memutuskan menjadi mualaf.

Menurut Deddy Corbuzier, dia sebenarnya sudah terbiasa dengan Islam lantaran sejak kecil berada di komunitas Islam. Dia pun sudah terbiasa mendengar kumandang azan atau melihat orang salat.

Namun dulu Islam dalam benaknya tidak terlalu positif. Deddy Corbuzier baru mendapatkan 'cahaya' Islam setelah berinteraksi dan berteman dengan orang-orang baik. Tak sampai di situ saja, Deddy Corbuzier ternyata juga kerap ikut pengajian.

Salah satu pengajian yang diikutinya adalah dakwah Aa Gym dalam sebuah kesempatan yang digelar di Jakarta. Sebelum memutuskan menjadi mualaf, Deddy Corbuzier sempat minta izin kepada ibunya.

Sang ibunda menanyakan kenapa putranya membuat keputusan kontroversial semacam itu. Deddy pun memberikan penjelasan dan memastikan hubungan di keluarga tidak akan ada yang berubah dengan dia memeluk Islam.

Sang ibunda pun memberikan izin jika berpindah agama sebagai pilihan dalam hidup sang putra. Mendapat izin dari ibunda, Deddy Corbuzier langsung memutuskan menjadi mualaf. Dia tidak mau mendengarkan komentar dari keluarga besar, dimana ada yang sempat memberikan pertentangan.

Baca Juga: Pendeta Ini Mantap Mualaf Usai 15 Tahun jadi Pendeta, Berawal dari Mimpi

Bahkan ada keluarga yang sempat mengira Deddy akan radikal. Sekalipun sudah menjadi mualaf, Deddy Corbuzier tetap sangat menghargai agama lain. Karena agama merupakan keyakinan yang sifatnya personal yang harus dihargai pilihan dari masing-masing orang.

Sebagai manusia, Deddy Corbuzier merasa tidak berhak untuk menghakimi agama orang lain seolah-olah menjadi 'panitia surga'. Usai menjadi mualaf, Deddy Corbuzier merasa masih perlu banyak belajar tentang Islam.

"Ada orang lahir dengan warisan agamanya sendiri belum tentu benar juga. Saya baru belajar tentu belum sempurna," ujar Deddy Corbuzier. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga