KLHK Setujui Pembangunan Jalan Latoma - Routa yang Melewati Kawasan Hutan Lindung

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 08 Januari 2024
0 dilihat
KLHK Setujui Pembangunan Jalan Latoma - Routa yang Melewati Kawasan Hutan Lindung
Pimpinan Pemda Konawe beserta jajarannya saat melakukan peninjauan titik nol kilometer pembangunan jalan Latoma - Routa. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Rencana pembangunan jalan yang menghubungkan dua Proyek Strategi Nasional (PSN) di Kecamatan Routa dan Kecamatan Latoma dengan melalui hutan lindung, mulai menemukan titik terang "

KONAWE, TELISIK.ID - Rencana pembangunan jalan yang menghubungkan dua Proyek Strategi Nasional (PSN) di Kecamatan Routa dan Kecamatan Latoma dengan melalui hutan lindung, mulai menemukan titik terang.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba menyebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada prinsipnya menyetujui rencana pembangunan jalan yang melalui hutan lindung.

Dengan persetujuan itu, Pemkab Konawe akan mengurus Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Dari poin-poin kajian beberapa ruas hutan dan kawasan yang dideliniasi itu bunyinya dapat dilaksanakan," jelas Harmin Ramba.

Baca Juga: Laporan Kinerja 100 Hari Pj Bupati Konawe Diterima Kemendagri RI

Rencananya, panjang pembangunan jalan yang menghubungkan Routa dan Latoma berjarak sekira 190 kilometer. Kini, rencana pembangunan jalan sudah masuk dalam  perencanaan teknis.

"Tahun ini saya sudah membuat desain.  Insyaallah kita akan lelang dalam waktu dekat," ujarnya. 

Harmin membeberkan, anggaran pengelolaan jalan Latoma - Routa diperkirakan menelan biaya Rp 900 miliar. Rencana pembangunan jalan itu juga sudah masuk dalam Blueprint Bappenas

Untuk mengawal rencana tersebut dapat terealisasi tahun ini, Harmin Ramba terus berkoordinasi dengan pihak tertentu agar APBN tahun ini sudah dapat membiayai tahap pertama proyek tersebut.

"Saya sudah bertemu dengan pihak Kementerian PU, sekarang mereka membantu kita supaya (pembiayaan pembangunan jalan itu) masuk APBN. Masuk dalam Inpres jalan daerah. Rencananya ada Rp 149 miliar dana tahap pertama," beber Harmin Ramba.

Pembangunan jalan Latoma - Routa sendiri menjadi impian seluruh masyarakat Routa. Sebab selama ini, untuk menuju Unaaha, yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Konawe, warga terkadang harus melingkar melalui Kabupaten Konawe Utara terlebih dahulu atau melintas Sulawesi Selatan baru menuju Konawe.

Baca Juga: Laporan 100 Hari Kinerja Pj Bupati Konawe Bakal Disampaikan ke Kemendagri

Sebelumnya, Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan menjelaskan, dengan adanya pembangunan jalan Latoma - Routa ini dapat memberikan dampak positif terhadap persebaran penduduk di Kabupaten Konawe yang merata dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Selain itu, lanjut Sekda, pembangunan jalan ini juga memberikan solusi efisiensi jarak tempuh untuk masyarakat di Kecamatan Routa.

Apalagi, tambah Sekda, pembangunan jalan Latoma - Routa bakal menghubungkan dua proyek strategi nasional yang berada di Kabupaten Konawe yakni IKIP yang berada di Kecamatan Routa, dan Bendungan Pelosika yang berbeda di Kecamatan Latoma.

"Apalagi jalan yang bakal dibangun ini menghubungkan dua PSN yang ada di Kabupaten Konawe," ungkap Sekda. (Adv-B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga