KMN Cahaya Sinar Tenggelam di Perairan Wawonii, 8 Orang Hilang

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 28 Februari 2024
0 dilihat
KMN Cahaya Sinar Tenggelam di Perairan Wawonii, 8 Orang Hilang
Tim Basarnas tengah bersiap melakukan pencarian. Foto: Ist.

" Kapal Motor Nelayan (KMN) Cahaya Sinar tenggelam di perairan Wawonii, Konawe Kepulauan, pada Selasa (27/2/2024) pagi "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID -  Kapal Motor Nelayan (KMN) Cahaya Sinar yang tenggelam di perairan Wawonii, Konawe Kepulauan, pada Selasa (27/2/2024) pagi, berangkat dari Kendari dengan tujuan mencari ikan, membawa sebanyak 11 orang di dalamnya. Saat ini, delapan orang masih belum ditemukan.

Menurut keterangan Kepala KKP Kendari, Muhamad Arafah, kapal tersebut dilaporkan tenggelam sekitar pukul 02.27 Wita oleh salah seorang ABK-nya, Sudirman. Tim Rescue KKP Kendari segera bergerak dengan menggunakan KN SAR Pacitan menuju lokasi kejadian untuk memberikan bantuan dalam upaya pencarian dan penyelamatan. Jarak tempuh menuju lokasi sekitar 70 NM.

Dari total 11 orang yang berada di kapal, hanya tiga di antaranya yang berhasil selamat. Mereka adalah Sudirman, Nadi, dan Syukur. Sementara itu, delapan orang lainnya masih dalam pencarian. Nama-nama mereka adalah Subhan (kapten kapal), Suherman, Suriadi, Suryanto, Rian, Aco, Arjun, dan Rival.

KMN Cahaya Sinar berangkat dari Kendari pada tanggal 26 Februari 2024, dengan tujuan mencari ikan di perairan sekitar Pulau Wawonii. Namun pada keesokan harinya sekitar pukul 08.30 Wita, kapal tersebut dihantam gelombang yang menyebabkan air masuk ke dalam kapal. Salah satu ABK kemudian menggunakan perahu kecil untuk mencari daratan dan meminta bantuan.

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Toronipa 2 Selamat, 1 Hilang

Baca Juga: Kronologi Korban Kapal Tenggelam di Tengah Laut Selama 7 Jam di Perairan Buton

Rescuers dari KPP Kendari dan ABK KN SAR Pacitan segera bergabung dalam operasi pencarian dan penyelamatan. Dengan melibatkan berbagai alat dan perlengkapan, termasuk rubber boat, alat selam, aquaeye, dan peralatan komunikasi, tim berupaya semaksimal mungkin untuk menemukan korban yang masih hilang.

Menggali lebih jauh, Telisik.id mencoba mencari informasi pada warga Wawonii bernama Arizal melalui sambungan telepon. Ia mengatakan bahwa salah satu korban yang masih hilang merupakan kerabatnya, dan berharap para korban hilang dapat ditemukan dalam kondisi selamat. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga