Komisioner KPU Muna Barat Jaga Citra dan Kredibilitas Lembaga

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 19 Januari 2023
0 dilihat
Komisioner KPU Muna Barat Jaga Citra dan Kredibilitas Lembaga
Ketua dan para komisioner KPU Muna Barat usai menandatangani pakta integritas. Foto: Ist.

" Tetap jaga citra dan kredibilitas lembaga, KPU Muna Barat selalu patuhi poin-poin yang tertera di dalam pakta integritas "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Tetap jaga citra dan kredibilitas lembaga, KPU Muna Barat selalu patuhi poin-poin yang tertera di dalam pakta integritas. Pakta integritas ini ditandatangani setiap tahun, memuat janji anggota KPU dalam pelaksanaan tata kerja.

Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, pihaknya telah menandatangani pakta integritas pada 18 Januari 2023.

"Ini dilakukan tiap tahunnya oleh anggota KPU sebagai komitmen menjaga citra dan kredibilitas lembaga," ungkap Awal, Kamis (19/1/2023).

Senada, Kordiv Hukum dan Pengawasan KPU Muna Barat, La Ode Fatahudin mengatakan, penandatanganan pakta integritas ini sejak dilantiknya para komisioner dan dilakukan tiap awal tahun, untuk tetap menjaga pelaksanaan tata kerja yang jujur, transparan, dan akuntabel, untuk mendorong peningkatan kinerja serta keharmonisan antar pribadi, baik di dalam ataupun di luar KPU.

Baca Juga: Beredar Sejumlah Calon PPK KPU Muna Barat Punya Nilai Tinggi Tapi Tak Ikut Wawancara

"Untuk selalu mengingat tugas yang diemban harus berdasarkan undang-undang pemilu dan aturan yang berlaku, PKPU, dan juknis, maka KPU perlu menandatangani pakta integritas," ujarnya.

Dalam pakta integritas itu juga, pihak KPU dituntut agar proaktif dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, nepotisme, serta tak terlibat dalam perbuatan tercela.

Baca Juga: Tes Tertulis Sistem CAT Bagi Calon PPK KPU Muna Barat Tuntas

Selain itu, pihak KPU Muna Barat tidak boleh menerima pemberian secara langsung atau tak langsung berupa suap, hadiah, atau dalam bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya, menghindari pertentangan kepentingan dalam melaksanakan tugas serta memberi contoh kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas sesama pegawai di lingkup kerja.

"Selama ini tidak ada polemik yang terjadi baik di internal KPU atau di luar KPU, kami selalu menjaga poin-poin pakta integritas," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga