Beredar Sejumlah Calon PPK KPU Muna Barat Punya Nilai Tinggi Tapi Tak Ikut Wawancara

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 16 Desember 2022
0 dilihat
Beredar Sejumlah Calon PPK KPU Muna Barat Punya Nilai Tinggi Tapi Tak Ikut Wawancara
KPU Muna Barat tepis dugaan kecurangan hasil seleksi PPK. Pasalnya sejumlah nama memiliki nilai tinggi namun tak ikut seleksi wawancara. Foto: Ist.

" Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Muna Barat diduga ada kecurangan. Pasalnya, beredar luas adanya peserta memiliki nilai tinggi namun diketahui tidak mengikuti seleksi wawancara "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Muna Barat diduga ada kecurangan. Pasalnya, beredar luas adanya peserta memiliki nilai tinggi namun diketahui tidak mengikuti seleksi wawancara.

Seorang peserta seleksi PPK, Zaharia Mente mempertanyakan asal nilai tinggi yang diperoleh sejumlah nama, namun tidak mengikuti seleksi wawancara.

Pasalnya, pengumuman yang beredar berdasarkan Surat Keputusan KPU Muna Barat bernomor 144/PP.04-Pu/7413/2022, terdapat sejumlah nama yang mendapat poin tinggi, namun tak mengikuti seleksi wawancara yang dilaksanakan pada 11-12 Desember lalu.

Baca Juga: Keluhan Masyarakat Soal Median Jalan di Karya Wisata Medan

"Ada beberapa nama yang punya nilai tinggi dibandingkan yang ikut tes wawancara," ungkap Zaharia Mente, Jumat (16/12/2022).

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, data yang beredar sebelum pengumuman dilaksanakan, itu bukan pengumuman resmi dari KPU Muna Barat. Pengumuman resmi yang dikeluarkan adalah yang tercantum di media sosial KPU Kabupaten Muna Barat.

"Yang beredar itu bukan pengumuman resmi KPU Muna Barat," ujarnya.

Ia juga menyebut, sempat staf sekretariat menyodorkan sesuai draf pengumuman yang beredar, namun draf itu telah koreksi, serta hasil draf yang dikoreksi itu diumumkan melalui media sosial resmi KPU Muna Barat.

"Kami saat ini sedang telusuri bagaimana draf yang sebelumnya dikoreksi keluar ke publik," ujarnya.

Senada, Kordiv SDM dan Partisipasi Masyarakat, LM Nuzul Anzi mengatakan, pengumuman hasil seleksi wawancara calon anggota PPK melalui akun media sosial milik KPU Muna Barat.

"Melalui Facebook, Instagram dan Bakohumas Muna Barat serta disampaikan kepada Bawaslu Muna Barat," ungkap Nuzul.

Baca Juga: Tenun Masalili Muna Diperkenalkan Mulai Anak Usia Dini

Untuk itu, terkait daftar nama yang lolos tetapi tidak mengikuti proses seleksi wawancara namun mendapatkan nilai tinggi yang telah beredar di media sosial, bukan pengumuman resmi yang dikeluarkan pihaknya, serta masih ditelusuri dari mana sumber pengumuman itu dilakukan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muna Barat, Ishak mengakui, KPU telah menyampaikan kepada Bawaslu mengenai hasil pengumuman seleksi PPK, serta Bawaslu masih mencari tahu sumber dari pengumuman yang telah beredar di sosial media tersebut.

"Kami masih lakukan penelusuran juga dari mana sumbernya," singkatnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga