Konawe Selatan Raih Penghargaan Peduli HAM

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Senin, 07 Desember 2020
0 dilihat
Konawe Selatan Raih Penghargaan Peduli HAM
Bupati Konsel, Surunudin Dangga saat menunjukkan penghargaan yang diberikan oleh Kemenkumham sebagai daerah Peduli HAM pada tahun 2017. Foto: Ist.

" Kriterianya adalah pemenuhan hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan dan hak atas perumahan serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) kembali meraih penghargaan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) sebagai kabupaten yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Penghargaan tersebut berdasarkan surat keputusan Menkumham Nomor : M.HH-04.03 Tahun 2020. Prestasi membanggakan itu merupakan penghargaan yang ke empat kalinya, setelah Konsel pertama kali menerima penghargaan peduli HAM pada tahun 2017 silam.

Kepala Bagian Hukum Konsel, Pujiono mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan tersebut tentunya kerja keras serta dibutuhkan partisipasi seluruh stakeholder terkait.

Selain itu, ada tujuh kriteria yang harus dipenuhi dalam implementasi HAM di Konsel sehingga penghargaan tersebut bisa diraih.

"Kriterianya adalah pemenuhan hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan dan hak atas perumahan serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan," ujarnya, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Usai Cuti Kampanye Bupati Konsel Pimpin Rakor, Tegaskan Netralitas ASN

Menurutnya, kriteria penilaian kabupaten peduli HAM juga tidak terlepas dari laporan rencana aksi nasional HAM yang disusun per tiga bulan.

Di antaranya tentang fasilitas pelayanan publik berbasis HAM serta adanya produk hukum dalam hal ini Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Bupati yang berperspektif HAM, serta adanya harmonisasi dengan peraturan perundang-undangan lainnya.

Rencananya, penerimaan penghargaan tersebut akan dilakukan bertepatan dengan peringatan hari HAM sedunia yang ke-72 pada Senin 14 Desember 2020 mendatang.

Namun, karena kondisi COVID-19 peringatan hari HAM sedunia tersebut akan diselenggarakan secara virtual oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra).

Selanjutnya, Gubernur Sultra bersama Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sultra akan menyerahkan penghargaan kabupaten peduli HAM kepada masing-masing bupati di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sultra. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga