Kota Kendari Pertahankan Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 23 Juli 2022
0 dilihat
Kota Kendari Pertahankan Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kanan) menerima piala Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Foto: Ist.

" Wali Kota Kendari menerima piala penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tahun 2022 kategori Nindya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI "

KENDARI, TELISIK.ID - Wali Kota Kendari menerima piala penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tahun 2022 kategori Nindya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penyerahan penghargaan dilakukan dalam sebuah acara di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (22/7/2022) malam.

Wali Kota Kendari H.Sulkarain Kadir mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada semua jajaran Pemerintah Kota Kendari serta pihak-pihak yang terlibat atas capaian yang telah diraih sehingga Kota Kendari mendapatkan penghargaan sebagai KLA Tahun 2022 dengan kategori Nindya.

"Ini merupakan prestasi kita bersama, terima kasih atas dukungan kita semua, sehingga Kota Kendari bisa meraih penghargaan Nindya ini," katanya.

Selain penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya, Kota Kendari juga mendapatkan penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, berupa penghargaan DAFA Award Tahun 2022 Kategori Forum Anak Terfavorit tingkat Nasional Tahun 2022.

Baca Juga: Terapkan Restorative Justice, Kejari dan Pemkot Kendari Dirikan Balai Rehabilitasi Narkoba

Penghargaan ini diberikan bagi Forum Anak yang paling aktif, kreatif dan inovatif dalam berkegiatan.

Dari 17 kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, hanya Kota Kendari yang meraih penghargaan kategori Nindya.

Dalam penerimaan penghargaan itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir didampingi Kepala Bappeda selaku Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Kendari dan Kadis DP3A.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga  mengatakan apresiasi penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan yang pada akhirnya diberikan dalam 5 kategori yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

Baca Juga: Giona Nur Alam Optimis Petani Perempuan Sulawesi Tenggara Maju

"Bagi kabupaten/kota yang mendapatkan predikat walaupun Pratama itupun sudah luar biasa yang patut kami apresiasi, terkait upaya-upaya bapak ibu yang sudah lakukan sebagai pimpinan daerah," katanya di malam penganugerahan Kota Layak Anak.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2022 ini memberikan penghargaan kepada 312 Kabupaten/Kota Layak Anak, yang terdiri dari; 8 daerah kategori Utama, 66 daerah kategori Nindya, 117 daerah kategori Madya dan 121 daerah kategori Pratama.

Selain itu diberikan pula apresiasi kepada provinsi yang telah melakukan upaya keras untuk mewujudkan Provinsi Layak Anak yang pada tahun ini dari 34 provinsi, baru 8 provinsi yang dapat penghargaan KLA. (C-Adv)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga