Giona Nur Alam Optimis Petani Perempuan Sulawesi Tenggara Maju

Aris Mantobua, telisik indonesia
Jumat, 22 Juli 2022
0 dilihat
Giona Nur Alam Optimis Petani Perempuan Sulawesi Tenggara Maju
Salah satu ketua organisasi perempuan di Sulawesi Tenggara, Sitya Giona Nur Alam menghadiri bimbingan teknis fasilitas pembiayaan pertanian

" Sitya Giona Nur Alam optimis petani perempuan yang ada di Sulawesi Tenggara bisa maju dan berkembang "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu Ketua Organisasi perempuan di Sulawesi Tenggara, Sitya Giona Nur Alam optimis petani perempuan yang ada di Sulawesi Tenggara bisa maju dan berkembang.

Anak Nur Alam itu hadir sebagai enterpreneur atau pelaku usaha untuk mendukung penuh petani-petani perempuan Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara dalam mengembangkan usaha di bidang pertanian.

"Saya sangat bangga dengan perempuan-perempuan yang ada di Sulawesi Tenggara. Ternyata masih banyak perempuan yang ingin berusaha dan mengembangkan usahanya di bidang pertanian," ucap Giona, Rabu (20/7/2022).

Menurut Giona, dengan potensi petani yang ada di Sulawesi Tenggara membuatnya optimis, setiap usaha yang dikembangkan oleh petani perempuan di bidang pertanian akan maju dan perkembangan dengan baik.

"Kami akan mendukung segala usaha yang dikembangkan oleh petani kita, terutama kaum perempuan karena dengan ini tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat Sulawesi Tenggara akan meningkat. Dalam kegiatan ini akan diberikan monitoring berupa pengembangan usaha baik dari olahan pisang, padi dan masih banyak yang lain supaya bisa mengembangkan usaha yang dibuat sebelumnya," terangnya.

Baca Juga: Sitya Giona Nur Alam Harap PIP Jadi Motivasi Siswa Meraih Cita-Cita

Giona berharap dengan adanya kegiatan yang dilakukan hari ini membuka pikiran dari para petani khususnya perempuan yang ada di Sulawesi tenggara, agar bisa mengelola dan  mengembangkan usahanya di bidang pertanian.

Tempat sama, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Sulawesi Tenggara, Muh Djudul mengatakan pada dasarnya kegiatan bimbingan teknis fasilitas pembiayaan pertanian dilakukan untuk menumbuhkan perekonomian daerah melalui peningkatan agribisnis.

"Usaha yang akan dikembangkan oleh para petani maupun peternak terutama kaum perempuan akan memberikan dampak positif dari pengembangan bisnis yang mereka kembangkan," katanya.

Menurut Djudul, pertanian dan peternakan memegang peranan yang sangat penting menyumbang dalam makanan pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

"Untuk itu kami telah berkerja sama dengan berbagai instansi dalam perencanaan pengembangan pertanian maupun peternakan yang ada di Sulawesi Tenggara agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," terangnya.

Baca Juga: Ikut Jejak Ayah, Giona Nur Alam Berbagi ke Ratusan Warga Kendari

Sementara itu, Direktur Pembiayaan Pertanian, Indah Megawati mengatakan dalam pengembangan usaha di bidang pertanian maupun peternakan bisa mengembangkan inovasi dan kreasi terbaru agar mampu memberikan peningkatan ekonomi.

"Kita semua akan terus bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang ada di Indonesia karena saat ini kita berada pada krisis kebutuhan pangan maupun energi akibat COVID-19, maupun efek dari perang antara Rusia dan Ukraina," ungkapnya.

Indah Megawati berharap dengan adanya bimbingan teknis fasilitas pembiayaan pertanian mampu memberikan edukasi dan motivasi kepada petani khusus petani perempuan yang ada di Sulawesi Tenggara dalam mengambangkan usaha di bidang pertanian maupun peternakan. (A-Adv)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Musdar

Baca Juga