Polda Siapkan Instrumen Pengamanan Pemungutan Suara Pilkada

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 08 Desember 2020
0 dilihat
Polda Siapkan Instrumen Pengamanan Pemungutan Suara Pilkada
Ilustrasi pengamanan Pilkada 2020. Foto: Repro Antara

" Karena pesta demokrasi lima tahunan ini digelar dalam situasi pandemi, Kepolisian turut melakukan berbagai langkah yang disusun dalam indeks kerawanan pilkada. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), menyiapkan instrumen pengamanan saat pemungutan suara Pilkada serentak 9 Desember, besok.

Instrumen tersebut disiapkan untuk pengamanan Pilkada yang dilakukan ditengah pandemi COVID-19.

Kasubdit Politik DIT Intelkam Polda Sultra, KP Rahman Dundu mengatakan, fokus pengamanan yakni pengamanan dalam hal konflik Pilkada dan mengawal jalannya tahapan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Karena pesta demokrasi lima tahunan ini digelar dalam situasi pandemi, Kepolisian turut melakukan berbagai langkah yang disusun dalam indeks kerawanan pilkada," ungkapnya, Selasa (8/12/2020).

Lebih lanjut, Rahman mengatakan, indeks potensi kerawanan terdiri dari enam dimensi, 24 variabel dan 171 indikator.

Baca juga: Honorer K2 Adukan Nasib ke DPRD Sulawesi Tenggara

"Dari hasil Mabes Polri yang dikeluarkan pada Oktober lalu, dua kabupaten di Sultra masuk kategori rawan, yakni Muna dan Buton Utara tetapi daerah lain bukan berarti 100 persen aman," tambahnya.

Pola pengamanan di TPS juga terbagi atas beberapa kategori seperti kategori aman, rawan dan sangat rawan. Atas kriteria yang ditetapkan mempengaruhi kekuatan yang dilibatkan untuk pengamanan sesuai kondisi wilayah masing-masing.

"15 hal baru di TPS juga merupakan fokus keamanan yang kita awasi. Seperti pembatasan pemilih, pengaturan kedatangan dan lainnya. Kebiasaan baru ini tentu menjadi kerawanan tersendiri," pungkasnya.

Di wilayah Sultra ada tujuh daerah yang akan menghelat Pilkada secara serentak yakni, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Muna, Wakatobi dan Buton Utara. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga