KPPS Harus Hindari PSU Pemilu 2024 di Pulau Makasar, Baubau

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 26 Januari 2024
0 dilihat
KPPS Harus Hindari PSU Pemilu 2024 di Pulau Makasar, Baubau
Pembukaan Bimtek KPPS Kelurahan Sukanayo, Pulau Makasar, Kota Baubau. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Pada Pemilu 2019, pernah terjadi PSU di Kelurahan Sukanayo Pulau Makasar "

BAUBAU, TELISIK.ID - Memasuki H-18 jelang penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak pada 14 Februari 2024, PPS Pulau Makasar Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mengupayakan zero PSU (pemungutan suara ulang) pada Pemilu 2004.

Hal tersebut diungkap oleh Ketua PPS Kelurahan Sukanayo, Pulau Makasar, Munir Suhardin.

"Kami berharap pada pemilu ini, di Pulau Makasar khususnya di Kelurahan Sukanayo, kami berharap zero PSU," Kata Munir Suhardin, Jumat (26/1/2024).

Munir mengatakan bahwa pada lima tahun yang lalu, lebih tepatnya pada Pemilu 2019, pernah terjadi PSU di Kelurahan Sukanayo Pulau Makasar.

"Lima tahun yang lalu pernah terjadi dan ditemukan pada satu TPS di Kelurahan Sukanayo yang terjadi PSU," katanya.

Baca Juga: PTPS Diimbau Awasi Oknum Ngaku DPK Berpotensi Picu PSU di Pemilu 2024

PSU terbanyak pada pemilu 2019 ditemukan di Kecamatan Kokalukuna, wilayah Kota Baubau dan Pulau Makasar menjadi salah satu wilayah yang menyelenggarakan PSU pada 2019.

Munir menambahkan, PSU yang terjadi pada TPS 8 di Kelurahan Sukanayo pada Pemilu 2019, dipicu oleh pemilih DPTb pindah memilih menggunakan KTP di luar wilayah tersebut untuk datang memilih di TPS 8, Sukanayo, Pulau Makasar.

"Pemilih DPTb pindah memilih, dia pakai KTP luar tapi memilih di sini, dan juga kekurangan komunikasi sesama rekan-rekan sehingga yang masuk memilih tidak diperhatikan," tutup Munir.

Sementara itu Ketua PPS Kelurahan Liwuto, Pulau Makasar, Alimudin mengungkapkan, memaksimalkan bimtek hari ini agar pada pemilu nanti tidak terjadi PSU.

Meskipun pada Pemilu 2019 di Kelurahan Liwuto, Pulau Makasar tidak terjadi PSU, namun pihak PPS Liwuto tetap mengantisipasi hal tersebut terjadi pada pemilu nanti.

Baca Juga: Simulasi Pemilu di Nambo, KPU Sebut Bagian Potensi Kerawanan dan Prediksi Blank Spot

"Kami upayakan bagaimana cara dan langkahnya agar tidak terjadi PSU di Kelurahan Liwuto pada pemilu nanti," ungkap Alimudin.

Untuk diketahui, Bimtek KPPS di Pulau Makasar, Kota Baubau, adalah pembekalan teknis kerja masing-masing anggota KPPS di tiap TPS ketika pemilu.

Kegiatan bimtek KPPS di Pulau Makasar sudah memasuki tahap kedua yakni pembekalan teknis cara kerja anggota KPPS pada saat pemilu nanti yang diperkirakan akan berakhir pada pukul 17:00 Wita. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga