36 Kelompok Pembudidaya di Wakatobi Terima Bibit Rumput Laut

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
36 Kelompok Pembudidaya di Wakatobi Terima Bibit Rumput Laut
Penyerahan paket bantuan kebun bibit rumput laut kepada kelompok pembudidaya di Wakatobi. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Penyerahan bantuan paket sarana kebun bibit rumput laut kepada 36 kelompok pembudidaya yang ada di Kabupaten Wakatobi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, bertempat di Kantor Desa Liya Bahari Indah "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Penyerahan bantuan paket sarana kebun bibit rumput laut kepada 36 kelompok pembudidaya yang ada di Kabupaten Wakatobi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, bertempat di Kantor Desa Liya Bahari Indah, Minggu (23/7/2023).

Penyerahan paket bantuan kebun bibit rumput laut tahap II tahun anggaran 2023 tersebut diserahkan oleh Bupati Wakatobi, Haliana.

Inspektur III KKP RI, Wahyudi Purwanto mengungkapkan, bantuan yang diserahkan tersebut diharap bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bisa memproduksi, kemudian hasilnya mampu memperbaiki taraf hidup pembudidaya.

Baca Juga: 980 KK di Kabupaten Wakatobi Kebagian Perbaikan Rumah

Bantuan paket sarana kebun bibit rumput laut yang diterima oleh setiap kelompok pembudidaya di antaranya, pelampung utama 6 buah, pelampung pendukung 7 buah, pelampung bentangan 850 buah, tali utama ukuran 12 mm sepanjang 917 m, tali ris sepanjang 2.500 m, tali pelampung 850 meter, tali pengikat bibit 2.000 m, beton dengan berat 50 Kg sebanyak 26 buah, dan bantuan bibit 500 Kg.

"Semoga bantuan yang bapak ibu terima ini bisa berhasil, modelling berhasil dan nama Wakatobi lebih bagus lagi," ucapnya.

Direktur Perbenihan KKP RI, Nono Hartanto menuturkan, modelling budidaya rumput laut adalah satu bentuk usaha yang nanti akan dikelola bersama. Usaha yang dikelola bersama dari awal budidaya sampai akhir penjualan hasilnya.

Nono Hartanto menyebut, target sebenarnya di Wakatobi 400 hektare. Tahun ini baru terbangun 50 hektare. Ia mengingatkan, kalau 50 hektare gagal, maka bagaimana dengan 350 hektare lainnya.

Baca Juga: Ruang Kapus Tomia Wakatobi Disegel Soal Dugaan Penyelahgunaan Kekuasaan

"Jadi ini PR awal yang harus disukseskan. Kalau seandainya tidak berhasil maka pertanyaan besar, mau lanjut atau stop. Bahkan mungkin akan beralih ke daerah lain," ucapnya.

Bupati Wakatobi, Haliana mengungkapkan, untuk mensukseskan program hilirisasi rumput laut. Ia mengajak para pembudidaya untuk berkolaborasi dan bekerja sama untuk mensukseskan karena itu semua untuk masyarakat Wakatobi sendiri.

"Tidak boleh takut, kita semua optimis, kita semua yakin. Kapan lagi, sekarang saatnya untuk berusaha lebih baik," ungkapnya. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga