KPU Buton Kerahkan 12 Truk Distiribusi Longistik Pemilu

Febriyani, telisik indonesia
Senin, 12 Februari 2024
0 dilihat
KPU Buton Kerahkan 12 Truk Distiribusi Longistik Pemilu
Pj Bupati Buton, La Ode Mustari bersama, Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Buton, Rahmatia saat melepas truk pengangkut longistik pemilu 2024. Foto: Febriyani/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton mendistribusikan logistik Pemilu ke tujuh kecamatan "

BUTON, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton mendistribusikan logistik Pemilu ke tujuh kecamatan. Giat ini berlangsung di halaman Kantor KPU Buton, Pasarwajo, Senin (12/2/ 2024).

Pendistribusian logistik Pemilu 2024 ditandai dengan melepas truk muatan penuh ke Kecamatan Pasarwajo, Wabula, Wolowa, Siotapina, Lasalimu Selatan, Lasalimu dan Kopuntori oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton, La Ode Mustari.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Asril, Ketua KPU Buton, Rahmatia, Ketua Bawaslu Buton, Maman, unsur Forkopimda, Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen, dan Dandim 1314/Buton, Letkol Inf Ketut Janji.

Pj Bupati Buton, La Ode Mustari mengupresiasi pendistribusian longistik pemilu serentak di seluruh wilayah Kabupaten Buton.

Baca Juga: Nelayan di Buton Hilang, Longboat Ditemukan Mengapung di Perairan Wabula

Ia berharap, Kapolres Buton, Dandim 1314/ Buton dan KPU Kabupaten Buton agar mengawal pendestribusian longistik ini, serta menjamin kemanan dari jumlah, kualitas, dan tidak adanya indikasi kerusakan lain.

"Semoga pesta demokrasi tahun 2024 berjalan dengan sukses, mari kita sama- sama mengawal ini," ujarnya.

Pendistribusian logistik ini menggunakan 12 unit mobil truk yang disalurkan ke gudang logistik di kecamatan, dan dikawal langsung  oleh aparat keamanan TNI-Polri sampai tujuan.

Ketua KPU Kabupaten Buton, Rahmatia menjelaskan, pendistribusian logistik ini merupakan bagian dari tahapan Pemilu damai 2024 yang sedang berlangsung.

Kedua belas truk tersebut terdiri dari Kecamatan kapontori dua mobil, Kecamatan Lasalimu dua mobil, Kecamatan Lasalimu selatan dua mobil, Kecamatan Siotapina dua mobil, Kecamatan Wabula satu mobil, Kecamatan Wolowa satu mobil, dan Kecamatan Pasarwajo dua mobil.

"Untuk Kecamatan Pasarwajo berada di dalam kota jadi masih bisa mengambil kekurangan, kita utamakan dulu yang daerah terjauh," jelas Ketua KPU.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, longistik pemilu yang disalurkan hari ini akan ditampung digudang longistik tiap kecamatan. Nanti pada Selasa (13/2/2024), bakal disalurkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa dan kelurahan.

"Nanti pada pagi (14/2/2024) baru distribusi ke TPS," jelasnya.

Selain itu, ia menjelaskan, logistik ini akan disebar di 356 TPS yang ada di Buton. Logistik ini digunakan akan melayani daftar pemilih tetap (DPT) Buton sebanyak 79 ribu orang.

Penyaluran logistik ini terbilang berjalan lancar. Semua kecamata yang ada di Buton dapat diakses melalui jalur darat. Hanya ada beberapa tempat pemungutan suara (PTS) di Desa sulit dijangkau. Aksesnya harus menggunakan jalur laut, TPS ini rata-rata ada di Kecamatan Lasalimu, tepatnya di Dusun Bajo, Desa Benteng, dan Desa Talaga Baru.

"Kalau untuk ke TPS  memang ada daerah yang sulit terjangkau, terus terisolir. Misalnya Desa Benteng. Desa Benteng itu, ada satu TPS di daratan dan ada satu TPS di Bajo, untuk ke sana perlu menyusuri sungai, dan untuk Desa Talaga Baru harus menggunakan kendaraan laut," ujarnya.

"Jika cuaca bersahabat insyaAllah berjalan dengan lancar, hanya ditakutkan kalau tiba - tiba hujan, tapi kami sudah mempersiapkan pengamanan seperti terpal untuk. Melindungi longistik," jelasnya lagi.

Baca Juga: Pemda Buton Bakal Jadikan Lasalimu Kawasan Industri

Untuk mengantisipasi ini, kata dia, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Buton dalam penyaluran kewilayah yang tersulit, untuk disedikan speedboat pengangkutan longistik.

Selain itu, Rahmatia menjelaskan, untuk pembuatan TPS setiap kecamatan sudah dirampungkan. Untuk memastikan kesiapan ini rencananya KPU segera melakukan monitoring pembuatan TPS tiap kecamatan.

Selain TPS, Rahmatia juga mengaku pihaknya juga sudah menyelesaikan pendistribusian C6 kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk diteruskan ke daftar pemilih tetap (DPT) .

Lebih juah, Rahmatia berharap agar penyelenggaraan pesta demokrasi ini berjalan sukses, ia meminta doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Buton. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga