Kuliner Viral di Yogyakarta, Roti Panas Dipanggang di Depan Pembeli

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Minggu, 09 Agustus 2020
0 dilihat
Kuliner Viral di Yogyakarta, Roti Panas Dipanggang di Depan Pembeli
Alfi memanggang roti di depan para pembeli. Foto: Repro Tik Tok

" Kalau dibilang terinspirasi, ini gara-gara COVID-19 sebenarnya. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Dampak dari pandemi COVID-19, membuat banyak orang banting setir demi mencari tambahan penghasilan. Salah satu pekerjaan sampingan yang kini banyak digandrungi masyarakat Indonesia adalah membuka bisnis kuliner.

"Kalau dibilang terinspirasi, ini gara-gara COVID-19 sebenarnya," kata Alfi, pedagang roti panas yang kini sedang digandrungi di Yogyakarta.

Bisnis ini memang terbilang menjanjikan. Apalagi melihat tren zaman sekarang, di mana banyak orang yang hobi kulineran atau mencicipi jajanan baru yang viral di media sosial.

Nah, bicara soal jajanan viral, beberapa waktu lalu netizen sempat dihebohkan oleh aksi seorang pedagang roti asal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mengutip unggahan video milik akun Instagram @jogjataste, pedagang roti tersebut rupanya punya inovasi yang sangat menarik: membawa dua buah oven dari rumahnya untuk mengolah roti di depan pembeli secara langsung.

Masyarakat pun sangat menyukai karena seluruh olahan roti itu dijamin segar dan berkualitas baik. Istilah kerennya fresh from the oven.

Menurut admin @jogjataste, lapak pedagang roti itu diketahui bernama Roti Panas Nifla. Ada beragam varian roti dengan topping dan isian yang dijajakan: cokelat, keju, dan masih banyak lagi.

Selain itu, harganya pun sangat terjangkau. Untuk mendapatkan seporsi roti panggang jenis apapun, pembeli hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp13 ribu saja.

Tapi perlu diingat, penjualan roti ini hanya buka selama 2 jam saja karena berjualan menggunakan bahan-bahan ala kadarnya. Jam buka pukul 06.00 WIB cocok banget buat sarapan. Setiap harinya, roti panas ini selalu ludes sebelum dua jam.

Baca juga: Menarik, Isu Sektor Keamanan di Timor Leste

Untuk mencicipi kelezatan Roti Panas Nifla ini, kita bisa langsung menyambangi lapaknya di Selatan perempatan Ringroad, Gejayan, Yogyakarta.

Kalau roti yang dijual biasanya dipanggang beberapa jam sebelumnya, tapi roti panas Nifla ini kemepul panas dipanggang di depan pembeli.

Hal inilah yang dilakukan penjual roti yang akrab disapa Bang Alfi. "Saya menjual roti manis di pagi hari tetapi tidak dalam keadaan matang," terangnya yang selalu membawa serta kelima ovennya setiap pagi ke Jalan Gejayan.

Jika melintasi Jalan Gejayan, tepat di samping Bank Mandiri, akan terlihat penjual roti yang mangkal lengkap dengan oven yang berjajar di atas meja. Terdapat pula papan nama kecil bertuliskan Roti Panas Nifla.

Roti panas yang dipanggang langsung di tempat ini ternyata mengundang banyak pembeli.

Rupanya, pandemi COVID-19 menjadi latar belakang Alfi membawa serta ovennya. Alfi ingin para sahabat -- sebutan untuk para pembeli rotinya -- dapat menikmati roti yang masih panas.

Dari situlah kemudian ia berinisiatif untuk membawa serta ovennya. Ketika ada pembeli datang, ia dapat memanggang roti. Dan tentu, ketika diterima pembeli masih dalam keadaan panas-panas mengepul. Benar-benar fresh from the oven dalam arti sebenarnya.

Jadi, orang yang tadinya kepengin bakar di rumah, orang bisa langsung menikmati ketika bakar di sini. Ibaratnya, ketika sampai sini benar-benar sahabat makan itu bukan barang yang sudah disimpan kemarin.

Roti sobek dengan tekstur empuk dan lembut mulai dijual pada tanggal 19 Juli 2020 lalu, kini sudah menjadi incaran para pemburu kuliner hangat di pagi hari. Satu loyang roti sobek dibandrol dengan harga Rp 13 ribu.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga